Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Seorang Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Sempurna! Catatan Apik Seri Perdana MotoGP 2024

11 Maret 2024   04:44 Diperbarui: 11 Maret 2024   16:20 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Martin, Bagnaia, Binder. Sumber: @MotoGP

Sempurna! Kata ini mewakili semua peristiwa yang terjadi di seri perdana balapan MotoGP 2024. Lusail International Circuit, Qatar memberikan kilau awal yang sempurna untuk balapan MotoGP musim 2024. Pada seri perdana balapan tahun ini yang digelar pada hari Minggu malam, 10/3/2024, pembalap tim Ducati Lenovo, yang juga juara dunia MotoGP dua musim terakhir, Francesco Bagnaia, menjuarai seri perdana ini. Posisi kedua ditempati oleh rider KTM, Brad Binder dan Jorge Martin di podium ketiga. 

Bagnaia yang memulai balapan dari posisi start kelima, langsung menyodok ke posisi kedua sebelum masuk tikungan pertama oleh karena start yang sempurna. Hanya butuh dua tikungan berikutnya di lap pertama, rider Italia ini mengambil alih posisi pertama dari Jorge Martin. Setelahnya, Bagnaia melesat dan tak tersentuh sama sekali hingga bendera finish berkibar. 

Kunci kemenangan Bagnaia adalah strategi meraih kemenangan di awal, yakni mengamankan posisi terdepan pada lap pertama. Konsep ini didukung oleh kekuatan motor Ducati di lintasan lurus. Memang tunggangan Bagnaia dan Martin memiliki kekuatan yang sama. Pembedanya adalah Bagnaia tampil lebih agresif.

Bagnaia yang akrab pula disapa Pecco belajar banyak dari balapan Sprint Race. Ia yang hanya berada di urutan 4 Sprint Race menyimpulkan bahwa ia wajib agresif di balapan utama. Dan Pecco pun membuktikannya dengan kesempurnaan sejak awal. 

Gelar juara di Lusail 2024 adalah koleksi juara yang ke-19 di kelas utama MotoGP untuk Pecco Bagnaia. 

Sementara pertarungan sengit terjadi antara Brad Binder dan Jorge Martin. Keduanya saling berebut posisi runner-up. Pada akhirnya, Binder mengalahkan Martin. Pembalap Afrika Selatan ini pun menyempurnakan pencapaiannya dengan dua gelar runner-up di seri perdana, yakni runner-up Sprint Race dan balapan utama. 

Martin tak mampu menampilkan performa terbaiknya seperti saat menjuarai Sprint Race. Meskipun start dari pole position, tetapi ia kalah strategi dari Bagnaia. 

Sempat bertahan beberapa lap di posisi kedua, Martin kehilangan positifnya ketika disalin Brad Binder di lap ketujuh.

Marc Marquez yang kini satu tim dengan adiknya, Alex Marquez di Gresini Racing MotoGP, juga memulai seri perdana dengan tim barunya dengan baik. Ia masuk sepuluh besar Sprint Race dan balapan utama. 

Pembalap Rookie, Pedro Acosta juga memberikan pencapaian apik di penampilan perdananya. Rider KTM Tech Racing ini sukses meraih poin di balapan perdananya. Bahkan, Acosta menunjukkan performa impresif ketika sukses menyalip Alex Marquez di lap keempat dan Marc Marquez di lap kesebelas. Acosta pun berhasil menyodok ke posisi keempat. Ia benar-benar agresif dan sangat percaya diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun