Mohon tunggu...
Evi Febrianti
Evi Febrianti Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tantangan dan Peluang "Public Relation" dalam Studi Ekskursi Untag Surabaya

8 Januari 2019   13:08 Diperbarui: 8 Januari 2019   13:12 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Studi ekskursi yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 surabaya untuk mahasiswa Ilmu komunikasi angkatan 2016 berjalan cukup lancar. Diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 13-14 Desember 2018 di kota Surabaya dan Batu.

Studi Ekskursi yang menjadi program kerja tahunan himpunan mahasiswa ilmu komunikasi ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiwa ilmu komunikasi 2016 sebagai kegiatan wajib untuk menambah nilai skripsi.

Berkunjung kebeberapa tempat yang berhubungan dengan dunia ilmu komunikasi di Surabaya tentunya menambah pengetahuan baru bagi mahasiswa ilmu komunikasi untag Surabaya. Tempat pertama yang dikunjungi yaitu DPRD Jatim dan dilanjut menuju EBS FM.

EBS FM menjadi tempat terakhir berkunjung sebelum menuju ke kota batu. Berbeda halnya seperti di Surabaya, di kota batu para peserta SE hanya mendapatkan materi saja tidak langsung berkunjung ketempat pemateri. Materi yang disampaikan cukup beragam yaitu mengenai broadcast dari argopolitan TV, dinas parawisata kota batu, dan public relation jatim park group.

Hal yang cukup menarik yaitu materi dari Humas Jatim Park Group yaitu mengenai "Tantangan dan Peluang Public Relation Pada Revolusi Industri 4.0" dimana Humas dari Jatim Park Group menjelaskan secara langsung mengenai perkembagan jatim park group yang saat ini sudah memiliki 12 park dalam satu kota yang dibangun dari tahun 2001 sampai saat ini.

Yang pastinya dalam perkembanganya seorang Public Relation/Humas memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk membranding nama jatim park agar dikenal bagus oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu seorang PR juga mempunyai tugas penting untuk mengadakan event-event yang secara tidak langsung juga akan membranding nama Jatim Park Group salah satu contohnya yaitu event Word Animal Day.

Selain itu strategi Public Realation dari tahun ke tahun juga selalu berkembang. dimulai dari awal adanya Jatim Park Group cara promosi hanya dengan menggunakan media konvensional  seperti  pamvlet dan belum ada kegiatan publisitas melalui media. namun setelah perkembangan media begitu pesat cara branding Jatim Park Group juga cukup beragam, selain melalui media pihak Humas Jatim Park Group juga kerap kali menggandeng influencer ternama Indonesia untuk mengangkat brand image dari Jatim Park Group itu sendiri. hal lain dari itu agar tetap ada loyalitas dari masyarakat terhadap wisata-wisata yang dimiliki Jatim Park Group maka dari pihak Jatim Park Group juga menerima respon negatif dan positif dari netizen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun