Makro Pilihan

Sehari di Capital Market Internship Fair 2018

20 Mei 2018   02:30 Diperbarui: 20 Mei 2018   03:32 1043 0 0
Sehari di Capital Market Internship Fair 2018
Capital Market Internship Program

Tahun ini adalah tahun perdana Bursa Efek Indonesia atau bahasa kerennya Indonesia Stock Exchange -mengadakan pameran bagi mahasiswa yang ingin magang di perusahaan-perusahaan sekuritas di Indonesia. Kegiatan ini dinamakan Capital Market Internship Fair (CMIF) 2018. Informasi ini saya dapat dari broadcast grup whatsapp, kebetulan saya bergabung di komunitas Investor Saham Pemula (ISP) Kota Serang yang berpartner dengan IDX Kantor Perwakilan Kota Serang. Kesempatan ikutan ini cukup sayang kalo terlewatkan. Oh iya, acara ini gratis yaa guys.

CMIF berlangsung dua hari yang merupakan satu rangkaian acara, yakni tanggal 18 sampai 19 Mei di IDX Main Hall. Saya memutuskan datang di hari pertama karena di hari keduanya ada acara lain, dan melihat rundown acara di hari pertama yang lebih beragam ketimbang di hari kedua. Bagi kalian yang berencana hadir, saya sarankan untuk datang dua hari berturut-turut hehe.

Rundown CMIF 2018
Rundown CMIF 2018
Sebelum berangkat, pastikan bahwa kamu berangkat bawa berkas-berkas yang dibutuhkan jika ingin melamar magang/internship. Diantaranya adalah; CV, KTP, Transkrip nilai terakhir, foto 4x6 atau 3x4 (1 lembar), Ijazah bagi yang sudah lulus (karena ada beberapa perusahaan sekuritas yang menawarkan full time job). Bawa yang banyak, karena akan diminta setiap booth. Sebenarnya ada juga beberapa yang bisa apply via email, tapi toh lebih bagus kasih CV nya di TKPnya langsung kan. Oiah, ga harus pake baju formal seperti melamar kerja kok yang penting rapi dan sopan aja.

Saya pun berangkat dari Tangerang menuju Kantor BEI... sendiri :(, teman-teman yang awalnya janjian datang di hari pertama, mereka berhalangan hadir karena ada jadwal mata kuliah dan bimbingan skripsi. Dan memilih untuk datang keesokan harinya. Ya okelah, aq memang biasa sendiri~

Acara dimulai jam 8.30, saya pun berangkat dari rumah jam 6 agar bisa mengikuti penuh rangkaian acara. Namun karena kecerobohan saya yang lupa bawa hp (bingung juga kenapa tumben hp ketinggalan hiks), dan baru sadar bahwa hp ketinggalan pas di  Stasiun Parung Panjang akhirnya saya balik lagi ke Stasiun Daru untuk balik ke rumah ngambil hp. Huft, padahal jarak dari Stasiun Daru ke rumah lumayan jauh, set jam perjalanan jadi bolak balik sejam. Ujian banget pas lagi bulan puasa pula. Tapi ya buntu juga sih, udah baru pertama ke gedung BEI gatau letak pastinya dimana, bingung kalo mau pesen ojol, dan juga mau ketemuan sama temen yang bareng kesana juga. Yaudah gada pilihan lagi selain balik lagi ke rumah~ #PengorbananDemiCMIF #Curhit

Jam set 9 akhirnya berangkat ((kedua kalinya)) dari Stasiun Daru, dan ketemuan sama temen di Stasiun Sudirman sekitar jam 10an. Kasian banget temen saya nunggu dari jam 8 haha maaf ya Wyd. Akhirnya berangkat ke gedung BEI naik ojol, untung drivernya tau tempatnya. Mungkin karena lagi banyak terror bom yang terjadi akhir-akhir ini, pengamanannya ketat banget, berkali-kali kita diperiksa. Gedung BEI (Indonesia Stock Exchange) terdiri dari tower 1 dan tower 2. Nah, untuk ke Main Hallnya berada di tower 1.

 Jam set 11 kita sampe sana. Awal masuk gedung dimintain KTP, lalu kita dapet kartu visitor untuk ngetap di gate, ada panitianya juga dan dimintai email untuk memastikan kalo kita udah daftar online sebelumnya alias bukan tamu ilegal. Kelewat beberapa rangkaian acara, dan ga kebagian tempat duduk juga huhuhu syedihnyaa. Akhirnya duduk di selasarnya Main Hallnya gitu, tapi banyak juga sih yang telat dan ga kebagian tempat duduk juga. Di Main Hall ini spotnya orang foto kalo ke BEI, karena ada layar-layar saham yang bergerak gitu (gatau namanya apa) pokoknya instagramable deh.

Visitor Card
Visitor Card
IDX Main Hall
IDX Main Hall
Disela-sela tanya jawab, ternyata banyak juga yang datang dari luar Pulau Jawa. Ada yang dari Makassar, dan Lampung. Setelah mendengarkan dari pemateri beberapa penjelasan dasar tentang saham, pengenalan perusahaan-perusahaan dan bagaimana berkarir di dunia pasar modal lalu kita dikasih waktu dari jam 11.30-14.00 untuk booth activity. Di awal masuk pendaftaran, kan dikasih semacam kertas dari panitia.

Kertas yang harus diisi stempel.
Kertas yang harus diisi stempel.
Nah ternyata itu harus dikasih stempel, bukti kalo kita udah datengin booth-booth perusahaan sekuritas disana, jumlahnya ada 13 perusahaan. Ya selain minta stempel, kalian juga sekalian kepo tentang karir/cara intern di perusahaan tsb, karena yang handle langsung dari orang HRDnya yang ramah-ramah bangett. Beberapa booth juga nyediain hadiah goodiebag gitu, mayan kan buat kenang2an haha. Di booth kalian bisa nanya periode magangnya, lokasi kantornya dimana karena ada beberapa yang ga gabung dengan tower BEInya, kompensasi kalo magang sambil skripsian dll. Setelah bertanya-tanya, ternyata mereka memang membuka lowongan magang cuma di dua hari tersebut, untuk periode magangnya mayoritas cuma buka Juli-September, ada juga sih IDX yang buka dua kali periode Januari-Maret, dan Juli-September.

Saat akan Company Presentation.
Saat akan Company Presentation.
Antrean di Booth.
Antrean di Booth.
Suasana di Booth
Suasana di Booth
Suasana di Booth
Suasana di Booth
Selesai mengunjungi, bertanya-tanya, dan minta stempel dari 13 booth, kita diinstruksikan untuk duduk lagi karena ada acara selanjutnya. Acaranya kelar sampe jam 4. Lalu ternyata di pintu keluar, kertas yang berisi stempel tadi diminta, dan ditukar dengan goodiebag deh..

Kenang-kenangan CMIF
Kenang-kenangan CMIF
Foto bareng Wydia yang sudah sabar menunggu haha
Foto bareng Wydia yang sudah sabar menunggu haha
Setelah ikut acara CMIF ini, ada manfaat yang bisa kalian dapatkan, beberapa diantaranya; bisa punya kesempatan internship/full time job di perusahaan-perusahaan sekuritas, belajar dasar-dasar tentang apa itu pasar modal di Indonesia, bisa ngobrol langsung dengan HRDnya tentang karir di dunia pasar modal, bahkan mereka ada yang ngasih contact personnya langsung. Oh iya, acara ini tidak untuk membuka rekening saham ataupun mengadakan sekolah pasar modal ya. Kalo mau SPM di IDX kalian bisa langsung cek dan daftar di sini Sekolah Pasar Modal IDX .

Mungkin itu aja yang saya mau share tentang pengalaman ikut CMIF tahun ini. Kemungkinan saya juga berniat untuk ikut CMIF tahun depan (jika diadakan lagi) untuk apply internship, karena tahun ini saya bentrok dengan KKM kampus yang diadakan bersamaan dengan periode magang. Ga nanya juga sih peb, yaudah gpp huhu.

Thank you anyway buat yang udah baca hehe