Mohon tunggu...
Fawwaz
Fawwaz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa jurusan Bioteknologi yang memiliki ketertarikan dalam bidang pangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tingkatkan Khasiat Kopi, Mahasiswa KKN Undip Produksi Minuman Kopi Kombucha

29 September 2022   19:22 Diperbarui: 30 September 2022   14:11 126 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Minuman Kopi Kombucha(Dokpri, 2022)

Pemalang (14/08/2022) - Dewasa ini penikmat kopi jumlahnya semakin berkembang di Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak asing lagi dengan tanaman kopi. Perkembangan tanaman kopi di Indonesia dapat dinilai sangat pesat. Kopi (coffea sp) merupakan suatu jenis tanaman tropis.

Di Indonesia tanaman kopi dibedakan menjadi kopi arabika (Coffea arabica) dan kopi robusta (Coffea canephora). Kopi juga merupakan minuman yang tidak mengandung alkohol dan memiliki kafein. Banyak manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kopi, diantaranya kafein yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Salah satu daerah yang memproduksi kopi terletak di Kabupaten Pemalang.

Desa Pulosari menjadi salah satu desa yang memproduksi kopi baik itu jenis arabika maupun robusta. UMKM Kopi Cap Tugu Juang menjadi UMKM yang memproduksi kopi dari tahap penanaman hingga menjadi bubuk kopi siap konsumsi.

Pak Wasito Al Hasan selaku pemilik UMKM Kopi Cap Tugu Juang menjelaskan bahwa biji kopi dan bubuk kopi baik itu arabika maupun robusta menjadi produk andalan dari UMKM Kopi Tugu Juang, terlebih berbagai metode pengolahan pasca panen yang beragam menambah jenis produk yang dihasilkan UMKM Kopi Tugu Juang.

Salah satu produk dari UMKM Kopi Tugu Juang yaitu wine coffee atau biji kopi yang difermentasi, namun pada fermentasinya biji kopi tidak ditambahkan starter.

Berdasarakan metode fermentasi yang dilakukan, maka program kerja dengan judul fermentasi kopi menggunakan Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast (SCOBY) menjadi pilihan sebagai program kerja yang akan dilaksanakan pada KKN Tematik. Pak Nuryanto S. Gz., M. Gizi selaku dosen pembimbing memberikan persetujuan untuk melaksanakan program kerja tersebut.

Salah satu metode untuk meningkatkan khasiat dari kopi yaitu melalui fermentasi. Kopi kombucha merupakan minuman kopi fermentasi dengan memanfaatkan simbiosis bakteri dan ragi sebagai mikroorganisme agen dalam fermentasi. Simbiosis antara bakteri dan ragi ini disebut Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast (SCOBY).  

Proses pembuatan minuman kopi fermentasi diawali dengan pembuatan fermentor sebagai tempat untuk melakukan fermentasi. Pembuatan fermentor dilakukan dengan menyediakan toples, kain dan karet.

Setelah alat tersebut siap kemudian dilakukan pembuatan media dengan menyeduh kopi menggunakan metode V60 agar bubuk kopi tidak tercampur kedalam seduhan kopi. Kopi yang sudah diseduh diberikan gula sebagai nutrisi yang akan digunakan oleh SCOBY. Kopi yang sudah diberikan gula dibiarkan hingga suhu ruang kemudian SCOBY dimasukkan kedalam toples lalu ditutup dengan kain dan diikat menggunakan karet. Fermentasi berlangsung hingga 5-7 hari tergantung tingkat keasaman yang diinginkan.

Fermentor yang sudah siap untuk fermentasi(Dokpri, 2022) 
Fermentor yang sudah siap untuk fermentasi(Dokpri, 2022) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan