Mohon tunggu...
Fauziah Humaira
Fauziah Humaira Mohon Tunggu...

šŸ˜Š Email aktif: fziah05@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Muda

Tips Sukses Jadi Mahasiswa Baru

2 Oktober 2012   04:24 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:23 561 2 0 Mohon Tunggu...

Hhmmm... waktu seolah bergulir begitu cepat. Seperti tidak terasa satu bulan telah berlalu untuk semester pertama di kampus baru. Teror demi teror yang membuat tidur tak nyenyak dan makan tak enak masih tetap berseliweran. Anggap saja tak terasa. Biar kenyaannya, setiap waktu seolah enggan untuk berlalu. Desakan tugas yang kadang hanya bisa gigit bibir saja.

Sebuah kemenangan, satu bulan telah berlalu. Ada hal yang patut di nikmati dari ini semua. Dari proses pertama masuk sampai saat ini. Sebulan waktu yang sangat singkat tapi sangat bermakna. Bertemu dengan orang-orang baru dengan latar belakang yang berbeda. Berbeda kebangsaan, beda agama, beda suku, berbeda usia dan masih banyak perbedaan lainnya. Tapi bisa menyatu dalam sebuah kelas dengan karakteristik masing-masing. Sebuah kehangatan tercipta ketika ada sikap saling menghargai.

Kondisi seperti ini akan mudah dilalui jika kita punya satu orang saja yang betul-betul sudah mengenal kita. Teman satu daerah mungkin atau pernah kenal sebelumnya. Tapi tentu berbeda di kala kita benar-benar sendiri. Setelah di perhatikan, sebagian besar penghuni kelas sudah pernah kenal sebelumnya atau berasal dari daerah yang sama. Perjuangan ekstra untuk saya menjadi warga kelas yang baik.

Prinsipnya begini saja. Saya sedang menyisir tempat untuk berperang. Hal yang pertama yang harus saya lakukan adalah mengenal dengan baik daerah jajahan. Kemudian strategi berikutnya mengenal siapa saja yang menjadi jajahannya. (Ups! Jajahan disini bermaksud sangat mulia lho :D)

Untuk menaklukkan kelas tentunya hal pertama yang dilakukan bagaimana caranya menjadi bintang kelas. Naah... agak sedikit keras nih perjuangannya. Tidak selamanya bisa diandalkan. Yah sebut saja saya ini dengan kemampuan yang pas-pasan. Kalau belajar cepat masuk, penyakitnya cepat masuk cepat keluar, repotkan? Hmm ya sudah namanya juga perjuangan. Belajar saja pontang-panting-pentong yang penting besok pagi bisa narsis di kelas. Tercatat nama sama dosennya. Hihiii...

Cara ini tidak selamanya sukses. Adakalanya lagi tidak mood untuk belajar. Maklum jauh dari orangtua dan orang yang di sayang kadang jadi melow gitu. Ya sudah, nikmati saja saat-saat melow itu dengan hati senang. Lupakan buku, haha hihi di wall Fbnya teman or cari kesibukan lain yang pasti bisa buat hati senang dan bisa melupakan itu sementara. Buku dijadikan bantalan untuk tidur, siapa tau saja isinya bisa masuk lewat mimpi, lumayan sih tidak harus baca (yang ini tidak patut di tiru).

Yang kedua teman-teman, saya anggap ini penting. Di setiap kelas pasti ada satu orang ketua. Naah, itu dia kunci sukses satu lagi. Biasanya semua dosen ngirimin info ke ketua. Tips kedua, jadikan ketua sebagai target berikutnya. Deketin ketuanya sampai si ketua betul-betul memberikan sebuah kepercayaan kepada kita. Kalau sudah begini di jamin deh, si ketua tidak akan sungkan-sungkan memberikan info apapun kepada kita. Enakkan kalau dapat info cepat, bisa cepat bergerak. Indikasi sukses dekat sama ketua; minimal sudah dapat sms, kita sekarang masuk di mana?, eh kamu buat ini ya untuk kelas kita, tolong ya nanti kamu ini sebentar. Lakukan saja jangan terlalu banyak mikir. Usahakan semuanya dilakukan sebaik mungkin.

Hal yang ketiga, ini akan mudah di lakukan kalau sudah dapat kepercayaan dari ketua. Teman-teman lain juga sama-sama membutuhkan informasi setiap perkuliahan. Jangan pelit info kalau sudah tau duluan. Usahakan memberikan info apapun yang kira-kira penting untuk kelangsungan kelas. Lama-lama jadi terasa sendiri, kita bisa menjadi bagian penting di kelas. Awas jangan sampai jadi orang sok penting. Poinnya yang penting ikut memberikan konstibusi di kelas.

Terus, gimana caranya nih kita bisa tau kalau teman-teman sudah mulai care sama kita? Mudah saja sih sebenarnya. Teman-teman pasti akan menanyakan; ada info apa hari ini? Kita jadi ga begono, begini? Hmmm, atau di ajak ngumpul bareng. Tujuan pertamanya sih diskusi tentang kuliah yahh biarpun akhirnya jadi kaya arisan. Yaah nikmati aja.

Itu saja sih, tips ringan dari saya. Kalau sudah mengalami tekanan dan bosan dengan tugas yang tak kunjung selesai ya begini. Berhura-hura kesana kemari sambil nangkringin kompasiana. Lumayan bisa tersenyum sejenak sambil menikmatiĀ  suguhan bacaan yang beraneka ragam.

Cepekpun harus disiasati dengan baik. Istirahat sambil berbagi cerita untuk pembaca. Semoga tipsnya bermanfaat. Indahnya jadi mahasiswa baru walau dikejar deadline selalu. Masih saja membendel sering keluyuran dari satu social media ke media yang lain. Tujuannya tuk sharing, siapa tau saja ini penting.

Semangat siang

Fauziah Humaira

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x