Mohon tunggu...
Fauzan RahmatAnanda
Fauzan RahmatAnanda Mohon Tunggu... JAS Gripen

mahasiswa, military enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Budikdamber, Solusi Ketahanan Pangan Berkemandirian di Tengah Pandemi Covid-19

12 Juli 2020   19:40 Diperbarui: 12 Juli 2020   19:29 15 2 0 Mohon Tunggu...

Hadirnya virus Corona atau yang kini lazim disebut Covid-19 di hampir seluruh negara-negara di dunia termasuk Indonesia, telah menyebabkan dampak negatif yang sangat luar biasa. Mulai dari angka kematian yang terus bertambah setiap harinya, pun dengan orang yang positif terpapar virus ini, vaksin yang hingga detik ini belum ditemukan, terbatasnya mobilitas, permintaan akan suatu barang yang tinggi, hingga menimbulkan kerusuhan, tidak terkecuali Indonesia. 

Universitas Sebelas Maret (UNS) hadir untuk terjun ke masyarakat terdampak Covid-19 melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) ditengah kondisi seperti ini guna membantu meringankan beban pemerintah Indonesia dalam menanggulangi pandemi Covid-19. KKN Covid-19 UNS ini dilaksanakan melalui tiga batch. 

Salah satu tema dari program KKN Covid-19 UNS ini ialah Ketahanan Pangan. Tema ini secara garis besar bertujuan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 seperti pendataan kebutuhan logistik serta pengembangan ketahanan pangan lingkungan. Salah satu relawan KKN Covid-19 UNS dengan mengambil tema ketahanan pangan yakni mahasiswa bernama Fauzan Rahmat Ananda. 

Fauzan melaksanakan program KKN Covid-19 UNS ini pada tanggal 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020 di lingkungan RT009/09 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Kegiatan KKN Covid-19 UNS yang dilakukan Fauzan ialah membuat budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) dan tanaman kangkung, membuat poster Budikdamber, serta pembuatan video singkat mengenai Budikdamber. Budikdamber baginya merupakan solusi yang dapat dilakukan ditengah pandemi Covid-19 guna membantu masyarakat terdampak baik dari sisi kebutuhan dapur, hingga membantu finansial suatu keluarga. 

Budikdamber juga dapat menjadi sarana pembelajaran bagaimana menggunakan suatu lahan yang sempit agar dapat berdaya guna ditengah pandemi Covid-19 ini. Pelaksanaan kegiatan  KKN Covid-19 UNS ini mendapat sambutan dan dukungan yang positif dari warga RT009/09 Petukangan Utara, sehingga kegiatan KKN Covid-19 UNS ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

VIDEO PILIHAN