Mohon tunggu...
Siti Fatmawati
Siti Fatmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Menulis dan menuangakan isi pikiran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat dan Efek Samping Tidur Mengunakan Kaus Kaki

1 Desember 2022   17:33 Diperbarui: 1 Desember 2022   17:38 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Meskipun mungkin tampak aneh, tidur dengan kaus kaki dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Ini karena siklus tidur sangat bergantung pada pengaturan suhu. Setiap orang membutuhkan tidur pada titik tertentu dalam hidup mereka. 

Lagipula, sekitar sepertiga dari hari adalah dihabiskan untuk tidur. Menurut National Institutes of Health, tidur yang cukup diperlukan untuk fungsi tubuh dan otak yang baik. Mayoritas orang kadang-kadang mengalami kesulitan tidur. Anda dapat mencoba tidur dengan kaus kaki sebagai strategi. Tampaknya memakai kaus kaki di tempat tidur akan menyebabkan kaki menjadi terlalu panas. 

Namun, pada kenyataannya, rutinitas ini dapat membantu dalam pengendalian suhu internal. Menurut penelitian tahun 2007, orang dewasa yang memakai kaus kaki tertidur lebih cepat. Hal ini disebabkan suhu inti tubuh seseorang turun pada malam hari dan mencapai titik terendah sekitar jam 4 pagi. 

Suhu tubuh rata-rata 37 derajat Celcius, tetapi dapat bervariasi 1 hingga 2 derajat selama sehari. Vasodilatasi adalah respons yang terjadi saat Anda hangatkan kaki dan tangan Anda. Kondisi ini menyebabkan kulit melepaskan panas, yang membantu menurunkan suhu inti tubuh dan memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya tidur. 

Kulit yang hangat telah terbukti membantu orang tertidur lebih cepat, demikian menurut penelitian. Berkurangnya gejala penyakit Raynaud dapat berasal dari tangan dan kaki yang sering kedinginan, yang merupakan keuntungan lain dari tidur dengan kaus kaki. Suatu kondisi yang dikenal sebagai Raynaud mempengaruhi pembuluh darah kulit. Sebagian besar serangan terjadi saat seseorang kedinginan atau stres. 

Darah aliran ke tangan dan kaki berkurang selama serangan. Akibatnya, jari tangan dan kaki mulai mati rasa dan terasa dingin. Mungkin juga membuat kulit menjadi biru atau putih. Bicaralah dengan dokter jika Anda mengalami serangan Raynaud untuk pertama kalinya Mengenakan kaus kaki sebelum tidur dapat membantu meredakan gejala dan membuat Anda tetap hangat sepanjang hari.

Cara menghindari hot flushes Selama menopause, banyak wanita akan mengalami hot flashes. Tanda-tandanya antara lain: berkeringat, jantung berdebar-debar, wajah memerah, dan sensasi panas yang tiba-tiba menyebar ke seluruh tubuh. Kemampuan kaus kaki untuk membantu menurunkan suhu inti tubuh di malam hari juga dapat membantu mencegah hot flashes. Hal ini karena pancaran panas diyakini disebabkan oleh variasi hormonal yang memengaruhi kontrol tingkat panas internal. 

Seks yang lebih baik Satu studi menemukan bahwa pasangan yang mengenakan kaus kaki di tempat tidur lebih mungkin mengalami orgasme saat berhubungan seks, menurut sebuah berita populer tahun 2005. Menurut laporan tersebut, penelitian tersebut mengamati bagaimana otak merespons seks dan menemukan bahwa memiliki kaki yang dingin membuat orang lebih sulit untuk melakukannya. mengalami orgasme. 

Namun, penelitian tambahan diperlukan karena laporan berita mengutip sebuah penelitian kecil dengan hanya 13 pasangan. Tidur membuat tubuh Anda beristirahat sehingga Anda dapat kembali beraktivitas keesokan harinya. Kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari kulit ke otak, dipengaruhi oleh tidur. 

Akibatnya, banyak orang mencari cara untuk menjaga lingkungan tidur yang nyaman, seperti dengan memakai kaus kaki. Tetapi apakah ada keuntungan fisik dari tidur dengan kaus kaki? Yuk, baca ulasan yang hadir selanjutnya untuk mengetahui tanggapannya. Kelebihan Tidur Memakai Kaos Kaki Kaos kaki biasanya digunakan sebagai alas saat berjalan-jalan di sekitar rumah atau saat memakai sepatu. Bahkan, orang juga kerap menggunakan kaos kaki untuk menjaga tubuhnya. hangat saat mereka tidur.Sederhananya, memakai kaus kaki memang menghangatkan kaki.Tetapi apakah ada keuntungan tambahan?Kaus kaki bermanfaat karena lima alasan.

1. mengatur suhu inti tubuh Ruangan yang dingin dapat membuat Anda sulit tidur.Anda menjadi lebih portabel, baik untuk meluruskan sapuan atau meronta-ronta saat buang air kecil.Selain itu, pembuluh darah berkontraksi saat terkena udara dingin, membuat sirkulasi darah kurang efisien.Metode paling sederhana dan aman untuk menjaga kaki Anda tetap hangat saat tidur adalah dengan memakai kaus kaki.Anda Tubuh juga akan terasa lebih hangat. Respons vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang sebelumnya menyempit akan melebar, dapat dipicu oleh sensasi hangat yang ditimbulkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun