Mohon tunggu...
Fathyah Rahmaniah
Fathyah Rahmaniah Mohon Tunggu... Freelancer - Sharing is caring

Mahasiswi Semester 7 Yang Sibuk Mengisi CV nya Webtoonist @temenzone.studio and Writer

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Cerita Mahasiswa Pakistan: Kota Skardu Wisata Unik Dikelilingi Pegunungan Salju di Musim Panas

24 Juli 2021   08:15 Diperbarui: 24 Juli 2021   09:23 398 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cerita Mahasiswa Pakistan: Kota Skardu Wisata Unik Dikelilingi Pegunungan Salju di Musim Panas
Hafidz dan kawan-kawannya yang merupakan mahasiswa IIUI, sumber dok Hafidz  

Ada cerita unik dari salah satu mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Pakistan. Selama hampir 2 tahun tinggal di negri orang, ia melakukan perjalan menuju sebuah kota yang indah dengan keunikannya. Kota tersebut adalah Skardu yang terletak di utara Pakistan. 

Pakistan sendiri  dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber penghasilan bunga saffron terbesar di dunia. Pakistan merupakan negara republik Islam terbesar yang ada di Asia Selatan sekaligus merupakan negara asia dengan penduduk muslim terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. 

Pada bagian barat, negara ini beratasan dengan Iran dan Afghanistan. Sedangkan pada bagian Timur, negara ini berbatasan dengan India dan Tiongkok, tidak heran jika disana banyak orang-orang India yang menetap sebagai warga negara Pakistan. 

Selain itu juga negara ini juga banyak menampung penduduk asing seperti Afrika muslim dan beberapa negara lain yang berpenduduk Islam seperti Suriah, Afghanistan, Iran, dan sebagiannya. Selain karena dikenal sebagai negara pengekspor bunga saffron terbesar, Pakistan juga memiliki universitas Islam yang tidak kalah hebatnya dengan negara lain. 

Jika di Mesir kita mengenal Cairo Al -Azhar sebagai rumah kedua pelancong ilmu Islam, di Pakistan terkenal dengan Islamic University Islamabad (UII) yang berada di ibukota Islamabad. 

IIUI merupakan univeristas negri berbasis islam dengan fasilitas asrama putra dan putri yang dipisah jauh. Disini banyak pelajar Indonesia yang menuntut ilmu, tidak heran jika Pakistan juga menjadi rumah kedua bagi mahasiswa Indonesia. 

Seperti kisah mahasiswa Indonesia satu ini yang sedang menikmati masa liburan 'Summer'nya sembari mengisi kelas musim panas ia dan kawan-kawannya mengunjungi salah satu kota wisata unik di utara Pakistan.  

Namanya Aulia Hifdzurrahman atau biasa dipanggil Hafidz merupakan salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di IIUI. Hafidz mengambil kuliah jurusan Hukum Syariah atau Syariah and Law semester 3. Disela liburan dan kelas Summer, Hafidz dan kawan-kawannya melakukan perjalanan wisata disebuah kota bernama Skardu di provinsi Gilgit-Baltistan. 

Kota Skardu merupakan kota yang berada di balik gunung bebatuan dibagian utara Pakistan yang mana kota Skardu berada 1000 m di atas permukaan laut. Skardu merupakan kota yang berada di Gilgit-Baltistan, kawasan di utara Pakistan yang ditumbuhi banyak gunung tinggi. Uniknya daerah ini ketika dimusim panas mereka tetap dingin dan bahkan ada beberapa salju (mirip seperti gunung Jayawijaya).

Hafidz dan mahasiswa Indonesia lainnya yang juga kuliah di IIUI melakukan perjalanan wisata dengan mengikuti tour travel lokal dari daerah Islamabad menuju Skardu. Hafidz mengatakan biaya hidup disini sangat murah dibandingkan di Indonesia dengan mata uang Rupee. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN