Mohon tunggu...
Fathi Khairi A
Fathi Khairi A Mohon Tunggu... Lainnya - Insan yang masih belajar

XI IPS 2

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Padatnya Angkutan Umum bagi Penglaju Jabodetabek

30 Agustus 2020   00:59 Diperbarui: 30 Agustus 2020   01:22 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Munculnya teknologi kereta api pada abad XIX di Inggris menimbulkan awal adanya pemisahan antara tempat kerja dan tempat tinggal. Pekerja yang memilih tinggal di tempat yang jauh dari atau di luar daerah lokasi kerjanya berada akan bepergian ketika berangkat atau pulang. Inilah yang disebut penglaju atau commuter dalam bahasa Inggris.

Adanya perbedaan jarak ini didorong oleh perkembangan transportasi yang memungkinkan perjalanan dan pertumbuhan kota yang menarik pencari kerja atau pelajar. Mulai terbatasnya lahan di kota juga memunculkan tempat tinggal atau kerja di luar area kota.

Telah lama dan terus berkembang daerah sekitar Jakarta daerah tempat tinggal seperti Kota Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Kab. Bekasi, Kab. Tangerang, dan Kab Bogor.

Penglaju umumnya menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Penglaju yang memakai transportasi berbasis jalan pastinya tidak asing dengan kemacetan. Untuk mobil pribadi dalam kemacetan dapat dikatakan lebih nyaman.

Namun, bagi pengguna tranportasi umum, jam-jam sibuk adalah waktu yang sulit. Kemacetan ditambah padatnya penumpang menimbulkan ketidaknyamnan tetapi banyak.

Begitu pula dengan pengguna kereta api yang jadi andalan untuk penglaju jarak jauh. Seperti KRL Commuter Line yang telah lama menghubungkan Jakarta dengan daerah suburban dan kota-kota satelit.

Penumpukan penumpang dapat terjadi jika kapasitas angkutan tidak dapat mengatasi lonjakan penglaju ketika jam sibuk. Penglaju yang datang secara bersamaan dan terus menerus mengharuskan angkutan tersedia hampir tiap saat.

Jarak antar waktu tibanya angkutan dan keterlambatan angkutan mengakibatkan penumpang yang telah ada belum terangkut dan telah didesak lagi oleh yang baru datang. Di pemberhentian berikutnya, penumpang disambut angkutan yang telah penuh akibat penumpang dari pemberhentian sebelumnya dan seterusnya sampai memasuki pemberhentian dimana penumpang banyak yang turun.

Kecepatan penumpang naik dan turun, mudah tidaknya bergerak dalam stasiun atau halte dan tata tertib diperlukan untuk menjaga kelancaran khususnya ketika transit. Kapasitas tiap kendaraan juga berpengaruh.

Bagi kereta api, ketersediaan 12 kereta per rangkaian membantu menerima penumpang yang lebih banyak dalam sekali jalan. Keterlambatan sendiri dapat terjadi akibat kesalahan teknis atau padatnya jalur. Kadang terdengar tersendatanya KRL karena adanya gangguan sinyal dan listrik aliran atas. Atau Hujan yang memperburuk kemacetan jalanan  dan menyulitkan penglaju bergerak.

Untuk kendaraan berbasis jalan seperti angkot dan bus, angkutan umum yang bercampur dengan lalu lintas kendaraan pribadi yang padat menjebak kendaraan tersebut akibatnya penumpang yang menunggu di halte tertunda untuk diangkut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun