Mohon tunggu...
Fathan Mubina
Fathan Mubina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan Mahasiswa Aktif di Universitas Pendidikan Indonesia yang tertarik pada bidang teknologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Rekognisi dan Studi Independen di Orbit Future Academy

16 November 2022   09:43 Diperbarui: 16 November 2022   09:47 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KKN merupakan sebuah program pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan oleh universitas. Pada saat ini, KKN terbagi menjadi 2, yaitu KKN Reguler dan KKN Rekognisi. KKN reguler diselenggarakan untuk mahasiswa yang tidak mengikuti program pemerintah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan KKN Rekognisi dibuat untuk mahasiswa yang mengikuti program MSIB sehingga tidak perlu mengikuti KKN Reguler. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama mengikuti kegiatan MSIB untuk memenuhi KKN Rekognisi.

Dalam Program MSIB, saya memilih untuk mengikuti program Studi Independen di Orbit Future Academy yang merupakan sebuah tempat yang dimana kita akan mempelajari suatu teknologi kecerdasan buatan atau yang biasa kita kenal dengan Artificial Intelligence. Saya memilih Orbit karena tertarik untuk mempelajari kecerdasan buatan sehingga dapat memahami bagaimana cara AI bekerja. Pada awalnya, saya pikir akan merasa kesulitan dalam mempelajari AI karena belum pernah membaca atau melihat materinya secara spesifik. Namun, apa yang saya pikirkan di awal itu salah karena justru sangat menyenangkan dalam mempelajari kecerdasan buatan sehingga saya senang dapat menimba ilmu tentang AI di Orbit Future Academy.

Orbit memiliki 2 program yang dapat kita pilih yaitu Mastery Program dan Foundation of AI and Life Skills for Gen Z. Disini saya memilih program Foundation of AI and Life Skills for Gen Z. Di program ini terdapat beberapa kelas yang masing-masing kelasnya terdapat pemandu atau dalam program tersebut biasanya dipanggil coach. Di program ini saya mendapatkan kelas yang Bernama Jupyter XXI yang dipandu oleh Coach Angel.

Banyak ilmu yang wajib dipelajari jika kita mempelajari AI. Di Orbit, saya dibekali ilmu tentang Data Science, Natural Language Processing (NLP) dan Computer Vision (CV). Seluruh materi tersebut dikemas dengan sangat baik karena bukan hanya teori saja yang disampaikan, tapi langsung dipraktekkan setelah penyampaian teori sehingga peserta yang mengikuti program ini mampu dengan cepat memahami materi karena dibarengi dengan praktek dan selalu dibimbing oleh coach apabila peserta mengalami kesulitan dalam pengerjaan prakteknya.

Dari ketiga bidang ilmu tersebut, saya sangat menyukai Computer Vision (CV) karena output yang dihasilkan sangat menarik bagi saya sehingga saya merasa sangat senang dapat belajar tentang Computer Vision. Bahkan Project Akhir yang saya buat dengan kelompok itu adalah tentang Computer Vision sehingga Project akhir dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang memuaskan. Hal tersebut tentunya didukung oleh teman-teman kelompok yang luar biasa dan tidak lupa bimbingan dari coach yang luar biasa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun