Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Penulis - Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Penjelajah Buana - Kompasianer Teraktif 2020 "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL 😡"

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Team Leader Terbaik Sepanjang Masa

10 Juli 2021   21:51 Diperbarui: 10 Juli 2021   23:19 291 54 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Team Leader Terbaik Sepanjang Masa
Ilustrasi https://www.piqsels.com/id/public-domain-photo-frvkm

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mengajak bawahannya untuk berkembang bersama

Dalam sebuah project di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tempat saya bekerja dulu, kami menyebut boss dengan sebutan Team Leader (TL). Team Leader dengan dibantu Project Officer (PO) bersama-sama dengan staf bekerja dalam team work.

Team Leader kami waktu itu adalah seorang yang sangat profesional dan disiplin. Saya sangat beruntung bergabung dalam project ini. 

Disiplin dalam bekerja sangat ditekankan. Pekerjaan hari ini harus selesai hari ini. Tidak boleh ditunda. Dan TL kami sangat konsen akan hal ini. 

Yang saya salut adalah TL bisa membawa kami menjadi "sebuah keluarga". Kebersamaan dalam kantor yang terdiri dari berbagai macam suku, etnis, agama dan karakter yang berbeda bisa disatukan oleh TL.

TL kami dari etnis China dan bukan beragama Islam, namun lebih "islam" dari kami yang umat Islam. Beliau berpengetahuan luas dan suka mempelajari banyak hal, termasuk belajar tentang Islam. Dari beliau saya belajar tentang toleransi. Beliau menyediakan tempat untuk beribadah dan membebaskan jam kantor untuk beribadah. 

Pada masa itu juga tidak ada office boy. Setiap staf membersihkan ruangan masing-masing, dari menyapu sampai mengepel. Jangan sampai ada debu di meja kerja, kami akan kena marah. Begitu juga dengan aturan cuci piring dan gelas sendiri setelah makan. Eits, jangan sampai pecah, karena kami harus menggantinya jika pecah. 

Dalam pemakaian barang inventaris kantor, jika hilang, rusak mesti ganti sendiri. Mungkin dalam pikiran kita, sudah capek kerja ke lapangan kemudian barang hilang, mesti ganti rugi lagi. Ini soal tanggung jawab, TL menekankan bahwa kami harus selalu bertanggung jawab dalam hal sekecil apapun.

Team Leader kami ini juga selalu ingin kami berkembang. Membebaskan kami jika ingin sekolah lagi. Kami juga disediakan belajar bersama bahasa Inggris dengan pengajarnya dari staf penerjemah. 

Saya sendiri mengikuti Kursus Tertulis Manajemen dan biayanya ditanggung kantor. Saya yang semula hanya staf administrasi kemudian dibimbing dan diajarkan mengenai pemetaan. TL sangat jeli melihat potensi dari semua staf. Hingga akhirnya saya bisa di bagian pemetaan dan belajar Geographic Information System (GIS), yakni pembuatan peta secara digital.

Selama saya bekerja sampai saat ini, inilah Team Leader yang terbaik. Yang bisa mengajarkan disiplin, tanggung jawab, toleransi, respect dan membangun sebuah keluarga dalam kebersamaan yang akrab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN