Mohon tunggu...
Ricky AlexanderLumban
Ricky AlexanderLumban Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Fisika

Mencoba mulai berkarya daripada menikmati karya orang lain saja.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Masa Kuliah adalah Masa Terbaik untuk Investasi Pengalaman

15 April 2024   16:15 Diperbarui: 16 April 2024   08:27 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Suasana Perkuliahan (Sumber gambar: unsplash/javier trueba) 

Apabila dikelompokkan, usia manusia terbagi menjadi dua jenis, usia produktif dan usia non produktif. Usia produktif berada di rentang usia 15-64 tahun dan non produktif tergolong dalam usia muda (kurang dari 15 tahun) dan usia tua (lebih dari 64 tahun).

Ketika kamu saat ini menginjak bangku perkuliahan, berarti kamu termasuk dalam usia produktif. Usia yang masih mampu bekerja, berpenghasilan atau menghasilkan sesuatu . 

Mungkin sedikit bercerita tentang diri saya (penulis artikel ini). Saya kebetulan belum lama ini wisuda dari sebuah universitas negeri di Indonesia. Saya lulus dari jurusan Fisika dan akhirnya resmi memiliki gelar S.Si.

Ternyata pada kenyataannya, gelar yang saya terima ini tak lantas membuat saya cepat diterima bekerja. Faktanya, jurusan saya ini sangat sedikit prospek pekerjaannya di Indonesia. Sehingga banyak senior saya yang bekerja pada bidang yang tidak relevan sama sekali dengan jurusannya ketika berkuliah. Belum lagi ketika kuliah saya kurang explore beberapa skill atau kemampuan yang sekiranya dapat digunakan ketika terjun pada dunia pekerjaan

Saat ini dapat dikatakan saya telah masuk kepada fase penyesalan. Saya sangat menyesali ketika berkuliah saya kurang berani mencoba berbagai macam kegiatan yang bersifat positif. 


Padahal universitas/kampus menyediakan wadah untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Seperti di kampus saya dulu terdapat berbagai unit atau organisasi baik dalam bidang olahraga, seni dan bahkan untuk hal yang tidak kita bayangkan juga memiliki tempat tersendiri di kampus. 

Masa kuliah yang 4 tahun (standar) seharusnya memang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang sangat berguna untuk masa depan. Tapi yang perlu diingat, akademik adalah hal prioritas yang harus diamankan. Ketika akademik aman, maka boleh sambil mengikuti kegiatan diluar akademik. 

Lantas apa hubungannya dengan membahas usia produktif? 

Ilustrasi usia produktif (Sumber gambar: unsplash/Headway) 
Ilustrasi usia produktif (Sumber gambar: unsplash/Headway) 

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, ketika kamu saat ini duduk di bangku perkuliahan berarti kamu masuk ke dalam usia produktif. Usia di mana kamu bebas mencoba berbagai hal. Ketika kamu saat ini aktif berbagai organisasi, ikut kegiatan luar kampus dan yang paling penting kamu tetap menjalankan kegiatan perkuliahan dengan baik maka saat ini kamu berjalan di jalan yang benar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun