Mohon tunggu...
Fatmi Sunarya
Fatmi Sunarya Mohon Tunggu... Bukan Pujangga

Penulis Sederhana - Penjelajah Buana "DILARANG MEMUAT ULANG ARTIKEL UNTUK TUJUAN KOMERSIAL ­čśí"

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Gulai Labu Kuning, Enak dan Kaya Manfaat

25 Mei 2021   10:41 Diperbarui: 25 Mei 2021   11:03 583 64 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gulai Labu Kuning, Enak dan Kaya Manfaat
Foto Kycek/dokpri

Setelah selama bulan puasa kita menyantap banyak makanan manis dan juga lebaran dengan makanan berlemak, seperti rendang, gulai daging, opor ayam dan lain sebagainya. Perut mulai protes, penyakit habis lebaran pun muncul seperti gangguan pencernaan, panas dalam dan sakit gigi. Iya saya mengalami panas dalam dan sakit gigi selama seminggu. Makan jadi tidak enak, selera makanpun menurun. 

Kebetulan kemaren saya main kerumah tetangga dan diberi labu kuning. Labu kuning memang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Seperti kolak labu kuning, lepat labu kuning dan lemang labu kuning yang pernah saya tulis artikelnya.  Tentu saja semua masakan tersebut rasanya manis, tidak mungkin saya yang lagi sakit gigi memakannya. Akhirnya saya membuat gulai labu kuning.

Baca juga Lemang Labu Khas Kerinci

Labu kuning/Foto Fatmi Sunarya
Labu kuning/Foto Fatmi Sunarya

Di Kerinci sejak dulu, labu kuning dibuat menjadi gulai. Gulai labu kuning, seperti membuat gulai biasa. Santan dimasak dengan bumbu halus berupa cabe. jahe. lengkuas, bawang merah dan daun kunyit. Setelah santan masak baru masukan labu kuning yang sudah di potong-potong. Memasaknya tidak butuh waktu lama karena labu cepat empuk. Kecilkan apinya sampai santan berminyak dan gulai labu kuning telah siap dihidangkan.

Dalam gulai labu kuning ini, kalau di Kerinci biasa ditambahkan ikan asin tukai, yang dibakar lalu dicuci bersih dan dimemarkan/dihaluskan untuk memberi aroma masakan mengundang selera. Saya sendiri menambahkan ikan tukai ini ke gulai labu kuning. Namun ada sebagian orang tidak menyukai aroma ikan tukai ini, jadi boleh tidak ditambahkan.  Mungkin jika ada yang suka bisa menaburkan ikan teri sebagai teman labu kuning ini. Sebenarnya masakan bisa kita variasikan sesuai selera.

Ikan Asin Tukai/Foto Fatmi Sunarya
Ikan Asin Tukai/Foto Fatmi Sunarya

Bagaimana rasa gulai labu kuning ini? Lezat dan enak, labu kuningnya yang empuk berasa manis, pedas dan aroma ikan tukainya bikin makan berselera. Labu kuning memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena mengandung serat yang bisa mengatas sembelit. Labu kuning juga mengandung folat, karotenoid, dan magnesium yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung . Disamping itu juga mengandung betakaroten yang diubah menjadi vitamin A bagus untuk kesehatan mata. Tak kalah penting labu kuning bisa mempercantik kulit. Lho kok bisa?  Karena labu kuning selain mengandung viamin, mineral, serat tapi juga antioksidan.

Gulai Labu Kuning/Foto Fatmi Sunarya
Gulai Labu Kuning/Foto Fatmi Sunarya

Nah, bagaimana, mau mencoba mengolah labu kuning? Labu kuning juga bisa dibuat berbagai penganan seperti klepon labu kuning, bolu kukus labu kuning bahkan cake juga bisa lho. Ketersediaan bahan makanan di sekitar kita sebaiknya kita manfaatkan. Dari pada mengkonsumsi makanan cepat saji lebih baik memilih bahan pangan yang segar untuk kita masak dan konsumsi.  Salam kuliner Indonesia.

Fatmi Sunarya, 25 Mei 2021

VIDEO PILIHAN