Finansial

Etika Bisnis, Pro dan Kontra

12 Juli 2018   09:01 Diperbarui: 12 Juli 2018   09:04 1204 0 0

Etika bisnis sejatinya adalah suatu kumpulan norma dan nilai-nilai yang digunakan untuk mengatur norma - norma yang ada di suatu perusahaan,kemudian digunakan juga untuk para atasan agar dapat menentukan keputusan menurut norma - norma yang telah berlaku secara umum dalah suatu perusahaaan.

Tujuan dari etika bisnis sendiri agar memberi acuan tentang sampai manakah batas norma dalam suatu perusahaan agar para karyawan dalam suatu instansi atau suatu perusahaan tidak melanggar peraturan yang telah dibuat oleh masing-masing perusahaan.

Etika bisnis terus dikembangkan dari tahun ke tahun agar mengikuti perkembangan jaman, karena kita tahu bahwa perkembangan jaman skrg juga tumbuh dengan pesat juga. Maka dari itu etika bisnis juga harus mengalami pembaharuan agar dapat mengikuti kondisi jaman yang berlaku sekarang. Apabila tidak dapat mengikutinya maka peraturan kita akan terkesan kuno dan orang-orang pun akan mulai bertindak curang terhadap perusahaan tersebut

Pro dan kontra etika bisnis tersebut tidak terlepas dari karakter dari masing-masing individu itu sendiri, karena pada hakekatnya masing-masing individu telah membawa masing-masing norma yang berlaku didaerahnya, maupun berasal dari keluarga nya sendiri,inilah yang terkadang membuat orang-orang susah menyesuaikan dengan etika bisnis yang sekarang dimana sering terjadinya gesekan-gesekan yang membuat selisih paham antar karyawan dalam suatu perusahaan. 

Contoh yang paling lumrah adalah antara cabang dengan induk dimana perusahaan induk telah mengeluarkan peraturan-peraturan yang mencakup etika bisnis yang dijelaskan dengan cabang-cabangnya namun ada beberapa cabang yang tidak menjalankan etika tersebut dengan baik,atau memodifikasi nya dengan etika dari pribadi masing-masing individu.

Sebagian orang menggangap etika bisnis ini berguna bagi perusahaan nya karena dengan etika bisnis perusahaan dapat mudah mengatur karyawan-karyawan disana dan juga membantu atasan dalam menetukan keputusan berbisnis.

Sebagian orang juga tidak setuju dengan etika bisnis karena merka "Dipaksa" untuk mengikuti norma yang berlaku disuatu perusahaan yang membuat mereka harus menyesuaikan tiap-tiap perusahaan ( apabila mereka pindah kerja) sehingga disatu titik mereka akan jenuh dan akhirnya melakukan kecurangan di perusahaan tersebut.