Mohon tunggu...
Fajrianto Rahardjo
Fajrianto Rahardjo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif Ilmu Hukum Universitas Islam Malang dan Relawan Malang Corruption Watch

Hidup yang tidak diperjuangkan, tidak akan pernah dimenangkan -Najwa Shihab-

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Bergeraklah Mahasiswa!

20 Juli 2022   17:45 Diperbarui: 20 Juli 2022   17:48 44 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Judul: Bergeraklah Mahasiswa

Penulis: Eko Prasetyo

Penerbit: Intrans Publishing

Tebal: 136 Halaman

Sebagai kaum yang terpelajar, mahasiswa dipandang punya peran besar dalam mengubah tatanan sosial. 

Narasi yang menyatakan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan (agent of change) bukanlah slogan yang hadir tanpa sebab, melainkan sebagai bukti betapa besarnya kontribusi mahasiswa dalam membuat perubahan yang dicatat oleh sejarah. 

Angin segar reformasi yang dihirup saat ini hadir dari ratusan lumuran darah "mahasiswa" yang tertumpah.

Namun disayangkan bahwa idealisme mahasiswa dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan akhir-akhir ini mulai terlihat bergeser. Banyak diantara mereka sudah mulai kehilangan identitas sehingga tidak menunjukkan kekompakkan dalam menyikapi berbagai permasalahan bangsa yang seharusnya menjadi tanggung jawab mereka. 

Demonstrasi mahasiswa dalam memperjuangkan keadilan masyarakat marjinal yang tidak seramai dahulu, cukup menjadi bukti betapa redupnya semangat mahasiswa dalam menjawab persoalan yang tengah terjadi.

Hal inilah yang kemudian coba diulas oleh Eko Prasetyo dalam bukunya yang berjudul "Bergeraklah Mahasiswa". Jika dahulu ruang kelas dan kantin mahasiswa dipenuhi dengan diskusi hingga adu gagasan tentang wacana peradaban, hari ini akan sulit menemukan seperti hal yang demikian. 

Kuliah kini dilalui dengan cara sederhana: datang-dengarkan lalu pulang. Kantin tidak lagi menjadi tempat yang riuh akan ide-ide cemerlang, melainkan menjadi tempat kelompok mahasiswa untuk berpetualang dengan gadgetnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan