Mohon tunggu...
Faizah Nikmatur Rohmah
Faizah Nikmatur Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa KKN UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tim II Undip Mengajak Gemar Menabung sejak Dini

10 Agustus 2022   15:17 Diperbarui: 10 Agustus 2022   16:06 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pagersari, Temanggung (26/07/2022_) -- Pada minggu ke IV hari Selasa, KKN TIM II UNDIP mengadakan sosialisasi pentingnya menabung sejak dini dan praktek pembuatan celengan target di SDN 2 Pagersari sebagai salah satu program monodisiplin dari jurusan Akuntansi. Kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak kelas 1 yang mengalami transisi dari TK ke SD. 

Menabung saat ini merupakan hal yang penting apalagi zaman saat ini kebutuhan yang semakin banyak dan serba mahal. Menabung sudah mulai ditanamkan sejak dini oleh beberapa orang tua kepada anaknya. Karena tabungan memilki peranan penting di masa depan. 

Menabung itu apa sih? Menabung merupakan menyisihkan sebagian uang yang kita punya untuk tujuan tertentu dan dalam waktu tertentu. Oleh karena itu kebiasaan menabung harus mulai dilakukan sejak dini karena dengan memiliki kebiasaan menabung dengan baik maka dapat merencanakan masa depan dengan lebih baik dan bisa mendapatkan keuntungan serta kepuasan tersendiri.

Dokpri
Dokpri

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk memotivasi anak dalam menabung serta memberikan pemahaman mengenai arti serta fungsi uang bagi anak usia dini dan budaya untuk menghargai uang melalui menabung agar mengurangi perilaku konsumtif. 

Pelaksanaan kegiatan membahas tentang pengertian, manfaat, dan tips dan trick menabung yang baik. anak-anak dalam kegiatan ini memiliki antusiasme yang sangat tinggi serta aktif mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa KKN. Selain itu, mahasiswa KKN juga mengajak anak-0anak SD untuk membuat celengan target dengan tujuan untuk melatih dan menumbuhkan jiwa kreativitas pada anak.

Dokpri
Dokpri

Siswa perlu ditanamkan pola pikir untuk memiliki target. Pemikiran ini akan mendorong siswa untuk menabung sebelum membeli. Untuk memenuhi kebutuhan mereka, mereka tidak akan meminta kepada orang tua mereka, tetapi mencoba mewujudkannya sendiri. 

Dengan mengajarkan kebiasaan anak untuk menabung diharapkan dapat mengajarkan anak untuk hidup hemat serta menghargai keberadaan uang di kehidupan sehari-hari.

Penulis: Faizah Nikmatur Rohmah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan