Mohon tunggu...
Fahrijal Nurrohman
Fahrijal Nurrohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hey there! I am using Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Bingung

4 Agustus 2022   06:30 Diperbarui: 4 Agustus 2022   06:37 68 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

“Akhirnya aku selesai melewati 4 tahun kuliah di kampus ini”

“Nggak kerasa kita udah sampai titik ini ya guys”

“Jadi kangen masa-masa kita kumpul buat belajar bareng guys”

Perkataan yang sering keluar dari mulut para pelajar yang sudah menyelesaikan masa studinya. Entah itu di lingkungan kampus, anak SMA ataupun anak SMP (bahkan mungkin anak SD juga merasakan hal yang sama). Mereka sama-sama merasakan pedihnya perpisahan di setiap pertemuan. 

Karena memang disini penulis juga merasakan bahwa waktu berjalan begitu cepat. Sebab penulis baru saja menyelesaikan jenjang S-1 di salah satu kampus Islam di kota Malang (katanya netizen sih Tuhan menciptakan Malang ketika rindu, eaa).

Dengan selesainya jenjang S-1, berarti penulis telah melewati masa belajar selama kurang lebih 16 tahun. Benar-benar waktu yang sangat lama namun ketika mencapai titik akhir terasa sangat cepat. 

Sudah tidak terkira berapa banyak pengalaman yang penulis dapatkan selama 16 tahun mengenyam pendidikan. Entah itu pengalaman di dalam kelas maupun luar kelas.

Jangan kira penulis adalah sosok yang lurus-lurus saja, sudah tentu satu dua kali juga melakukan kenakalan (kalau katanya Cak Nun, hidup itu juga mbokya sesekali diselingi dengan kenakalan). Tapi tetap kita tidak boleh membenarkan kenakalan yang kita kerjakan ya teman.

Bentar ini kok bahasannya jadi melenceng. Kembali ke topik, lalu apa hubungannya bingung dengan jenjang pendidikan? Kita runtut dulu problematikanya. Seperti yang kita ketahui, masa-masa paling sulit yang dialami oleh para pelajar adalah ketika di titik akhir perjalanan mereka. 

Mereka pasti akan mengalami kebingungan untuk melangkahkan kaki ke tahap kehidupan selanjutnya. Anak kelas 6 SD akan bingung mau melanjutkan sekolah kemana. Begitu juga dengan anak kelas 3 SMP dan 3 SMA. Mereka semua akan mengalami suatu titik kebingungan dalam hidupnya.

Apalagi mahasiswa yang sudah di semester akhir alias sudah jadi mahasiswa senior. Saya rasa kebanyakan dari mereka akan mengalami kebingungan untuk melangkah kemana lagi (ini pandangan pribadi ya guys, jangan dijadikan rujukan!). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan