Mohon tunggu...
Nur Fadilah
Nur Fadilah Mohon Tunggu... Lainnya - saat ini saya masih mahasiswa di universitas muhammadiyah malang

Saya suka menonton konten-konten yang bisa membuat saya terinspirasi dan membangun semangat saya untuk maju dan berkembang dari bidang pengetahuan dan lain-lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Gerakan Muhammadiyah dalam Pendidikan

1 November 2022   15:18 Diperbarui: 4 November 2022   19:18 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Nur Fadilah (010)

Magister Manajemen

Fakultas Pascasarjana

Universitas Muhammadiyah Malang

Muhammadiyah adalah sebuah gerakan islam dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid yang bersumber dari al-quran dan sunah yang didirikan oleh K.H Ahmad dahlan sebagai tokoh pembaharuan umat islam pada zamananya. Dan saat ini menjadi organisasi yang berpengaruh dalam dunia pendidikan

K.H.Ahmad dahlan sebagai pendiri muhammadiyah memiliki harapan besar untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dan dapat memberikan pencerahan mental kepada bangsa ini. 

Saat kolonial belanda menjajah bumi nusantara, Pendidikan islam terbesar luas dalam wujud "pondok pesantren", dimana islam diajarkan dimosolla/langgar atau masjid. 

Sistem pendidikan pondok pesantren ketika itu tidak mengenal  system kelas tidak ada ujian atau pengontrolan kemajuan santari  dan tidak ada batasan waktu berapa lama santri harus tinggal dipondok pesantren. 

Penekanan pendidikan lebih berorientasi pada hafalan tehadap teks semata , sehingga tidak meransang santri untuk berdiskusi. Karna melihat kenyataan yang memperihatinkan tentang pendidikan K.H.Ahmad Dahlan beserta beberapa tokoh muhammadiyah bertekad untuk memperbaharui pendidikan bagi umat islam

Pembaharuan yang dimaksud meliputi dua segi yaitu segi cita-cita dan segi teknik. Dari segi cita-cita adalah untuk membentuk manusia muslim yang berakhlaqul karimah, alim dalam beragama, luas dan paham terhadap masalah keduniaan ,cakap, serta bersedia berjuang untuk kemajuan agama islam dan masyarakat.

Dengan demikian target yang hendak dicapai oleh stiap lulusan pendidikan muhammadiyah meliputi akidah yang benar. Sedangkan dari segi teknik adalah lebih banyak berhubungan dengan cara-cara penyelenggaraan pendidikan modern terutama system / modal pembelajaran yang diterapkan selama pelaksanaan pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun