Mohon tunggu...
Fadia Salsabilah Azzahra
Fadia Salsabilah Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia

Saya tertarik dengan konten seputar bahasa, wisata, sejarah dan lain sebagainya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Mewujudkan Masyarakat Berdaya dan Berdampak Melalui Karya

11 Agustus 2022   08:43 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:44 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2022

BANDUNG – Kehidupan yang keras tidak membuat seseorang mudah menyerah dengan keadaan mereka. Dewasa ini tengah kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dan persaingan kerja membuat manusia harus berjuang lebih keras lagi untuk menunjang perekonomian. Banyak upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Kelurahan Gegerkalong adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Walaupun berada di tengah kota, bukan berarti seluruh masyarakat yang tinggal disana sudah sejahtera, masih banyak masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan 

perhatian lebih dari pemerintah. Maka dari itu, Kelompok 1 KKN Tematik UPI memilih kelurahan Gegerkalong untuk melaksanakan program kerja yang telah dirancang sebelumnya.


BANDUNG – Kehidupan yang keras tidak membuat seseorang mudah menyerah dengan keadaan mereka. Dewasa ini tengah kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dan persaingan kerja membuat manusia harus berjuang lebih keras lagi untuk menunjang perekonomian. Banyak upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Kelurahan Gegerkalong adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Walaupun berada di tengah kota, bukan berarti seluruh masyarakat yang tinggal disana sudah sejahtera, masih banyak masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Maka dari itu, Kelompok 1 KKN Tematik UPI memilih kelurahan Gegerkalong untuk melaksanakan program kerja yang telah dirancang sebelumnya.

KKN Tematik UPI Tahun 2022 sendiri dilaksanakan pada tanggal 11 Juli hingga 10 Agustus, dengan mengusung tema Partisipasi Mahasiswa dalam Menguatkan dan meningkatkan Program SDGs Desa yang terbagi kedalam 10 tema kecil KKN Tematik UPI 2022. Pelaksanaan KKN ini diikuti sebanyak 7.089 Mahasiswa yang terbagi menjadi 241 kelompok yang tersebar di berbagai daerah, khususnya daerah Jawa Barat. Salah satu tema yang diangkat adalah Desa Tanpa Kemiskinan. 

Berdasarkan SK Kementerian Sosial tahun 2021 menyatakan terdapat 2.021 masyarakat miskin di kelurahan Gegerkalong. Dikutip dari salah satu staf kelurahan Gegerkalong dikatakan bahwa angka kemiskinan di Gegerkalong relatif meningkat di tahun 2022. Hal tersebut disebabkan karena adanya perkembangan penduduk di wilayah gegerkalong dan urbanisasi masyarakat. Selain itu, animo masyarakat terkait dengan kebijakan pendidikan yang menggunakan sistem zonasi membuat banyaknya pendatang dari luar kota Bandung ke Bandung untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.

Dalam rangka mencapai tujuan desa tanpa kemiskinan, baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pemerintah desa harus saling bekerja sama dalam meningkatkan pendapatan penduduk miskin, menjamin akses terhadap pelayanan dasar, serta memberikan bantuan-bantuan baik itu BPNT, KIS, KIP, dll.

Setelah melakukan pendataan di kelurahan Gegerkalong masih banyak warga yang belum terdaftar ke dalam DTKS dan belum mendapatkan bantuan. Bantuan kesejahteraan sosial (BANSOS) di Kelurahan Gegerkalong masih belum merata, dikarenakan kuota yang diberikan oleh pemerintah tidak cukup untuk menjangkau masyarakat miskin. Selain itu, akses bantuan pendidikan pun masih terbilang sulit sebab tiap warga akan mendapatkan akses bantuan jika masyarakat tersebut masuk ke seluruh indikator kemiskinan. Sedangkan sebagian warga hanya memerlukan beberapa bantuan dari pemerintah, bukan keseluruhan bantuan yang dicantumkan ke dalam indikator kemiskinan. 

Tantangan kemiskinan tersebut tidak membuat masyarakat menyerah dengan kesulitan hidup yang mereka alami. Oleh sebab itu, masyarakat di Kelurahan Gegerkalong memanfaatkan lokasi Gegerkalong yang dekat dengan kampus-kampus ternama di Bandung untuk mengembangkan Usaha Buket Bunga yang seringkali dibutuhkan oleh para mahasiswa ketika perayaan kelulusan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan