Mohon tunggu...
Mohammad FadhliArmiyansah
Mohammad FadhliArmiyansah Mohon Tunggu... mahasiswa

pencari makna kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Memiliki Pengalaman adalah Hal Penting dan Berharga daripada Nilai yang Bersifat Angka

8 Mei 2020   01:14 Diperbarui: 8 Mei 2020   01:36 22 5 1 Mohon Tunggu...

Yooo apa kabar semua? Yang pasti baik-baik saja kan?  Ditengah pandemik saat ini yaitu virus covid-19  yang dimana kita diharuskan untuk mencuci tangan setelah melakukan aktifitas , berjaga jarak antara orang disekitar kita, memakai masker jika ingin pergi keluar rumah, dan mau tidak mau pandemik ini mengharuskan kita untuk lockdown dan berdiam diri serta beraktifitas dirumah saja. 

Tujuan diadakan nya lockdown tersebut adalah untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang secara signifikan persebaran nya.  Oleh karena itu ditengah pandemik ini kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit yang ingin menyerang imun tubuh kita. 

Eitss tapi jangan lupa untuk selalu menjaga ibadah kita kepada tuhan YME dan yang lagi LDR jangan lupa harus lockdown hati agar tidak kena tikungan tajam hahaha.

Okee disini saya bukan mau membahas tetang pandemik yang terjadi saat ini ya melainkan ingin membagi cerita saja tentang pengalaman saya ketika belajar pada mata kuliah pkn (pendidikan kewarganegaraan) di bangku kuliah semester 1 dan 2.

Langsung saja saya perkenalkan dosen mata kuliah saya ini bernama bapak Edi Purwanto, M.Si. Beliau biasa dipanggil pak edi akan tetapi beliau sebenarnya tidak ingin dipanggil pak melainkan cak atau mas edi. 

Tujuan beliau menginginkan dipanggil seperti itu adalah biar keliatan lebih muda dan juga agar bisa membaur ke mahasiswa yang beliau ajar sehingga hal tersebut memberikan kesan keakraban antara beliau dengan mahasiswa yang kenal dengan beliau. Diawal perkuliahan semester satu aku masih ingat ketika satu kelas diprank oleh beliau yang berupa beliau menyamar menjadi staff yang berada di fakultas ku untuk mengisi jam perkuliahan pkn. 

Awalnya beberapa teman kelas ku mempercayainya dan juga ada yang mencurigainya bahwa itu adalah prank semata yang dilakukan untuk hiburan. Setelah beberapa hari akhirnya beliau terciduk oleh teman-teman sekelas dan mengaku bahwa itu adalah hiburan prank semata hahaha dan uniknya bukan kelasku saja yang menjadi sasaran prank beliau melainkan semua kelas yang beliau ajar khususnya kelas mahasiswa baru yang belum mengetahui semua dosen mata kuliah nya.

Setelah berhasil mengetahui prank yang dilakukan beliau, beliau pun menceritakan sedikit tentang kelas yang menjadi target prank beliau pada saat itu dan seperti biasa ketika awal masuk pembelajaran pasti adanya kontrak kuliah sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar. 

Hal yang unik ketika saya belajar mata kuliah ini adalah metode pembelajaran yang diterapkan beliau yakni lebih ke berdiskusi bersama saling tukar fikiran atau pun pengalaman, mulai dari pengalaman ketika belajar sesuatu hingga pengalaman cinta. Tujuan beliau menerapkan metode pembelajaran tersebut yaitu meningkatkan keberanian kita dalam menyampaikan pendapat apapun, berfikir kritis tentang suatu hal, berfikir kreatif dan inovatif.  

Dan Secara tidak langsung hal tersebut mengubah mindset saya bahwa nilai itu tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan pengalaman. Karena ada banyak mahasiswa yang masih memiliki mindset tersebut apalagi mahasiswa baru yang masih belum mengetahui apa-apa dan belum mempunyai keberanian yang kuat ketika menyampaikan pendapat atau pun semacamnya. 

Hal tersebut bisa menghambat kinerja otak karena tidak adanya penerapan ilmu yang dia dapat ketika saat berada di jenjang pendidikan. Alhasil kita tidak mengetahui fakta atau opini suatu hal dari orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x