Fadh Ahmad Arifan
Fadh Ahmad Arifan

Alumnus MTsN 1 kota Malang, penyuka fotografi dan pangsit

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Orang-orang Beruntung di Panggung Perpolitikan

10 Agustus 2018   14:26 Diperbarui: 10 Agustus 2018   14:32 790 0 0
Orang-orang Beruntung di Panggung Perpolitikan
(Antara Foto/Hafidz Mubarak A - Kompas/Andreas Lukas Altobeli)

Panggung perpolitikan di negeri ini penuh kejutan. Ada nama-nama beken yang jarang pasang baliho cawapres bahkan blusukan ke pesantren, tiba-tiba terpilih sebagai cawapres. Mereka itulah orang-orang yang bejo (baca: beruntung) dalam persaingan perebutan kursi cawapres di pekan ini.

Di kubu pak Jokowi, awalnya publik menduga kuat mantan ketua MK yang akan dipilih sebagai cawapres. Tetapi pada akhirnya, Rais 'Aam Nahdlatul ulama yang terpilih. Terpilihnya Prof. Dr (HC) KH. Ma'ruf Amin merupakan usulan mas Romahurmuziy.

Hal tersebut sekaligus bentuk ikhtiar supaya cawapres yang disodorkan merupakan sosok yang diterima PBNU dan partai politik (parpol) berbasis massa NU. Tapi kemunculan nama Kyai Makruf juga tak lepas dari sikap legowo Muhaimin iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin. Pupus sudah satu-satunya peluang Cak imin muncul dalam Pilpres 2019.

Sementara itu, di kubu Prabowo, publik juga terlanjur berekspektasi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan digandeng sebagai cawapres. Namun di luar dugaan, yang terpilih adalah pengusaha Muslim Sandiaga Salahuddin Uno. Di dunia nyata, Sandiaga selama ini dikenal sebagai wakil gubernur DKI Jakarta dan salah satu pemilik saham di Adaro energy.

Adapun di dunia maya, Sandiaga dikenal sebagai "Lord of Meme". Gayanya yang kocak, membuat warganet rela menantikan gambar-gambar meme terbaru yang diunggah fanpage facebook "Penahan Rasa Berak".

Munculnya nama Sandiaga juga buah dari sikap legowo Partai Keadilan Sejahtera dan PAN. Kita bisa menduga sikap legowo PKS karena bakal memperoleh kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Perpolitikan di negeri ini tidak hanya butuh logistik dana, pencitraan, dan banyaknya meraih simpati jutaan memilih. Tetapi sikap "legowo" agar orang lain yang lebih potensi maju ke panggung pertarungan politik.

Tanpa sikap legowo dalam politik, seorang ketua umum (ketum) parpol akan memendam amarah dan dendam kesumat. Sudah terbukti seorang ketum parpol yang juga ibu rumah tangga tidak legowo atas kemenangan 2 periode yang diraih kakek dari Almira Tunggadewi.

Selamat kepada Sandiaga Uno dan Kyai Ma'ruf Amin. Jika kelak anda ditakdirkan sebagai pemenang dalam Pilpres 2019, ingatlah seruan firman Allah swt : "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (QS: Al-Anfaal ayat 27). Wallahu'allam.