Mohon tunggu...
Evita DewiBrilianti
Evita DewiBrilianti Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS 2017

Mahasiswa UNS Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 2017

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS: Sarana Preventif untuk Memutus Rantai Penyebaran Virus Covid-19

7 Juli 2020   18:38 Diperbarui: 7 Juli 2020   18:33 16 1 0 Mohon Tunggu...

Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS 2020 -  pada periode ini sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan KKN UNS yang sebelumnya sudah diagendakan sedemikian rupa tidak jadi dilaksanakan akibat adanya pandemi covid-19 yang terjadi pada saat itu. Kegiatan KKN UNS periode 2020 ini berlangsung di lokasi tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan berlaku secara individu. Sesuai dengan tema yang diberikan sangat bermacam-macam. Salah satu tema yang saya pilih adalah Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19. Tujuannya untuk memberikan edukasi, informasi berdasarkan data ilmiah guna mencegah penyebaran dan pengendalian virus Covid-19 saat ini.

Lokasi tempat tinggal saya berada di Kelurahan Tambran RT 01 RW 01 Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Disanalah lokasi dimana saya melaksanakan program-program KKN yang telah saya buat dengan tujuan yang seperti diawal tadi yaitu memberikan edukasi, informasi berdasarkan data ilmiah guna mencegah penyebaran dan pengendalian virus Covid-19 saat ini. Selama KKN ini saya tergabung di salah satu mahasiswa bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si.

Kegiatan KKN ini kurang lebih berjalan 32 hari dengan beberapa program yang ditujukan kepada masyarakat sekitar. Program yang dijalankan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dilarang berkerumun dan mengumpulkan massa, jadi saya masuk ke dalam salah satu grup warga sehingga dengan mudah apabila ingin melakukan sosialisasi terkait cara pencegahan covid-19. Adapun program yang ada yaitu sosialisasi online mengenai bahaya covid, video cara cuci tangan yang benar sekaligus memberikan selebaran pamflet untuk ditempel di rumah masing-masing, video pembuatan masker, dan video cara menambah imun tubuh dengan membuat minuman jahe. Selain itu saya juga rutin mengupdate infografis pesebaran covid-19 di Kabupaten Magetan dari sumber yang ada di media. Program kegiatan yang terakhir saya juga diberikan kesempatan untuk ikut serta membantu masyarakat Kelurahan Tambran dengan memberikan berbagai macam bahan pangan dalam kegiatan program desa yaitu "Warung Gotong Royong". Konsep dari warung gotong royong adalah siapa saja boleh mengambil barang yang ada, dan siapa saja boleh ikut bersedekah. Saya mencoba membantu mengambilkan barang-barang sembako dari salah satu warung/toko terdampak covid-19 di salah satu Desa Tambran RT 01 RW 01 untuk membantu menambah penghasilan dari warung yang terdampak sejak adanya covid-19 ini. Harapan dengan adanya KKN UNS di era covid-19 ini akan menambah pengetahuan masyarakat dan akan lebih mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari bahaya covid-19 yang sedang terjadi ini.

VIDEO PILIHAN