Mohon tunggu...
EVI SEPTIARINI
EVI SEPTIARINI Mohon Tunggu... Guru - Guru SDIT Badrussalam Magetan Jawa Timur. Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Perkenalkan saya Evi. Seorang guru matematika yang entah kenapa jatuh cinta pada dunia kata-kata. Bagi saya merangkai kata laksana mengerjakan soal matematika. Sulit dan rumit. Tapi asyik dan menarik. dan yang pasti seru dan menantang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Dari Diri Modul 3.2

3 Mei 2023   22:48 Diperbarui: 3 Mei 2023   22:53 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam Guru Penggerak 

Alhamdulillah kita sudah masuk di Modul 3.2 Pendidikan Guru Penggerak. Mulai dari diri dengan menjawab beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana pengetahuan tentang materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Berikut disajikan pertanyaan dan jawaban dalam aktivitas pembelajaran mulai dari diri modul 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya:

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Dalam sebuah ekosistem terjadi interaksi antara faktor biotik dan faktor abiotik. Jika sekolah merupakan ekosistem, maka yang termasuk biotik adalah segala sesuatu yang hidup yaitu sumber daya manusianya meliputi kepala sekolah, guru, murid, tenaga kependidikan, dan wali murid. 

Sedangkan yang termasuk abiotik berkaitan dengan yang tidak hidup, misalnya sarana prasarana, bangunan sekolah, lapangan olahraga, lapangan upacara, visi misi sekolah, kurikulum sekolah, administrasi keuangan, dll. Kedua faktor tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada murid.

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah? Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya manusia meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, murid, dan wali murid. Sumber daya alam meliputi lingkungan sekolah dan benda-benda yang ada di sekitarnya.

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan keseimbangan interaksi antara faktor biotik dan abiotik di sekolah. Juga mampu memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di sekolah demi terwujudnya pendidikan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah.

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Peran pemimpin yang ideal adalah kepala sekolah yang memiliki visi dan tujuan yang jelas dan terarah serta mempunyai program untuk mewujudkannya. Pemimpin seperti ini harus mampu memanfaatkan sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada di sekolah agar saling melengkapi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun