Mohon tunggu...
Evi saskia putri
Evi saskia putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Evi saskia putri Nim 21050110221 Management

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi, Kreatif, Literasi Usaha Kecil Ibuk Saya

10 September 2021   07:58 Diperbarui: 10 September 2021   08:32 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan

tugas 4 mini riset membuat mini riset yang bertema kan "inovasi, kreatif, dan literasi"

dengan beberapa pemaparan masalah yang ada di usaha kecil menengah.

Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan berwadah secara online dan saya yang bagian untuk mengorderkannya. banyak sekali orang sangat kesusahan  dalam perekonomianya. oleh karena itu dimasa pandemi saat ini banyak orang menciptakan usaha usaha sendiri yang sudah terkena dampak dari pandemi ini.

orang orang juga sudah jarang beli jualan ibuk saya dikarenakan saat ini banyak orang orang yang orang tua nya kehilangan pekerjaan, tidak mempunyak pekerjaan tetap dan gaji yang tidak tetap

inilah bukti jualan ibuk saya:

Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan

Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Usaha bisnis yang dijalankan oleh ibu saya sendiri, bisnis kecil yg dijalan kan beberapam tahun kemarin yaitu usaha jualan seblak dan beberapa cemilan
Dampak pandemi ini samgat berpengaruh bagi setiap pengusaha kecil dikalangan masyarakat yang rendah, tapi tidak untuk orang pengusaha tinggi, guru yang sudah PNS, pegawai negeri, dll.

pandemi ini membawa dampak yang merata di pengusaha kecil seperti usaha ibuk saya, seperti para pedagang diluar sana, ojek online, angkutan umum yang bahkan tidak ada penumpang sama sekali, tidak ada orderan juga.

Untuk saat ini ibuk saya memutuskan untuk berhenti jualan dulu karena tidak bisa balik untung, dan memikirkan usaha apa lagi yang bisa menarik perhatian orang orang agar bisa beli di jualan ibuk saya. karena pandemi ini saya juga kena dampaknya yang biasanya punya celengan lebih, beli itu beli sendiri, sekarang harus minta dulu ke ibuk saya karena saya harus masih sekolah.

sebelum pandemi ini meluas, tidak hanya dioerder lewat online saya sering membawa dagangan ibuk saya ke tempat sekolah dan itupun dagangan ibuk saya tidak ada sisa sama sekali. jadi pas kena dampak pandemi ini saya sama ibuk sama sangat berfikir kenapa dampak ini terkena kita juga. 

sempet berfikir untuk tidak akan jualan lagi, orang orang gak bisa liat betapa frustasinya keluarga saya, yang memikirkan biaya sekolah saya, paket data buat sekolah online ini, beli pulsa listrik, makan sehari hari, pengeluaran ini itu. dan ketambahan lagi bapak saya terkena pandemi ini di pecat oleh bosnya yang bekerja di bangunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun