Mohon tunggu...
Evi Rahmadani
Evi Rahmadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Mahasiswa manajemen, please correct me if i wrong

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Ayo Berinevstasi!

11 Juli 2021   14:40 Diperbarui: 11 Juli 2021   14:46 48 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Berinevstasi!
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Hallo pembaca kompasiana! Siapa ini di antara kalian yang sudah paham tentang apa itu investasi?

Yap! Kali ini kita akan membahas tentang investasi. Bagi beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan kata investasi. Apalagi orang-orang yang ada sangkut pautnya dengan manajemen dunia bisnis. Apakah kalian sudah tau apa investasi itu? Jika belum, simak penjelasannya yuk!

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya kedalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Istilah investasi sendiri berasal dari bahasa Italia. Investire, yang berarti memakai atau menggunakan. Secara umum, biasanya modal atau aset yang di investasikan akan dikembangkan oleh pihak yang mengelolanya. Keuntungan dari hasil pengembangan tersebut nantinya akan dibagikan kepada investor sebagai timbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua belah pihak.

Gimana? Udah pada paham? Jika sudah, yuk lanjut ke tujuan melakukan investasi!

Umumnya orang-orang berinvestasi dengan tujuan :

  • Untuk mendapatkan penghasilan tetap.
  • Untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak dan stabil di masa yang akan datang.
  • Untuk mengembangkan usaha.
  • Mendapatkan jaminan dalam bisnis.
  • Investasi dapat dipergunakan untuk menjaga hubungan antar perusahaan
  • Berpartisipasi dalam pembangunan Negara

Investasi ada beragam loh, contohnya investasi property, investasi emas, investasi reksa dana, dan investasi saham.

Setiap orang pasti menginginkan untuk tetap mempertahankan harta atau kekayaan yang dimiliki. Salah satu cara mengamankan kekayaan mereka yaitu dengan berinvestasi di usia muda. Manfaat investasi di usia muda juga bisa digunakan sebagai dana pernikahan. Hal ini karena dana kebutuhan pernikahan tidak sedikit, sehingga perlu mempersiapkan dana tersebut dengan berinvestasi. Adanya dana investasi untuk pernikahan, dapat menjadi solusi dari permasalahan kekurangan dana nikah.

Salah satu manfaat investasi di usia muda yang paling penting adalah memiliki dana darurat. Seseorang yang sudah berinvestasi di usia muda, akan lebih siap menghadapi berbagai perubahan di masa depan. Investasi bisa menjadi penolong saat keadaan mendesak atau darurat.

Nah, jadi gimana nih? Setelah mengetahui arti serta manfaat investasi diatas, apakah kalian memulai untuk melakukan investasi? Investasi itu penting. Tetapi, jika kalian ber-investasi, selidiki dulu ya apakah lembaga tersebut aman? Karna jika lembaga tersebut adalah lembaga yang tidak bertanggung jawab... tentu saja akan merugikan kalian!

Baiklah, segitu saja dulu~

Semoga bermanfaat ya! 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN