Mohon tunggu...
Eva zulliyadwi
Eva zulliyadwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - S1 TEKNIK INFORMATIKA

DON'T FORGET SMILE

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal Revolusi Industri

19 Oktober 2021   23:17 Diperbarui: 19 Oktober 2021   23:34 83 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan kita masing-masing, apalagi dalam perkembangan revolusi industri yang pada mulanya berawal dari revolusi industri 1.0 yang di mulai pada abad ke 18-an hingga saat ini perkembangan revolusi industri tersebut mengalami perkembangan yang sangata pesat hinga akhir-akhir ini kita sudah sering mendengar istlah society 5.0 yang di perkenalkan oleh pemerintahan jepang guna mengantisipasi dari perkembangan revolusi industri 4.0 yang sudah kita kenal bahkan menjadi topik terhangat pada masa itu.

Di revolusi industri 4.0 tersebut segala hampir segala pabrik-pabrik menggunakan sistem otomatisasi yang dibuat untuk memproduksi sebuah barang sehingga peranan manusi pada revolusi industri 4.0 sangatlah sedikit dalam memproduksi sebuah barang, nah kali ini yuk kita bahas perkembangan pesat rovolusi tersebut dari 4.0 hingga society 5.0 

Industri 4.0 atau revolusi industri keempat merupakan istilah yang umum digunakan untuk tingkatan perkembangan industri teknologi di dunia. ... 

Mekanisasi ini kemudian diikuti oleh revolusi industri kedua, yaitu berkaitan dengan produksi massal dan jalur perakitan menggunakan listrik, revolusi industri 4.0 ini menggunakan sistem otomatisasi dan komputerisasi, seperti contohnya menggunaka sistem otomatisasi robot yang digunakan untuk memproduksi sebuah barangdalam sebuah pabrik. revolusi industri 4.0 ini juga berawal dari pemerintahan jerman yang mengutamakan pebrik komputerisasi. 

Sehingga lahir beberapa alat otomatisasi yang sedang berkembang sekarang seperti contohnya kecerdasan bauatan.

sedangkang society 5.0 yang sekarang sudah menjadi topik hangat dalam pembicaraan ini di perkenalkan oleh pemerintahaan jepang guna mengantisipasi dari perkembangan revolusi industri 4.0 yang dimana peran manusia pada society 5.0 ini dibutuhkan kembali untuk mengontrol perkembangan rovolusi indudtri 4.o lantas apakah definis dari society 5.0 sendiri?? 

society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial denagan memanfaatkan berbagai yang lahir di era industri 4.0 seperti internet on things (internet untuk segala sesuatu) kecerdasan bauatan dan data dalam jumlah besar.

apakah perbedaan antara industri 4.0 dan society 5.0 

berbicara masalah perbedaan antara industri 4.0 dan juag 5.0 ini perbedaanya tidak terlalu jauh tidak seperti revolusi industri lainya seperti contaoh di revolusi industri 2.0 dan revolusi industri 3.0 dimana pada perkembangan industri tersebut abada industri mualai digantikan oleh abad informasi. nah, sedangkan perbedaaan diantara industri 4.0 dan 5.0 ini hanya ada pada industri 4.0 mengunakan kecerdasan buatan sedangkan 5.0 memfokuskan kepada komponen manusianya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan