Wanita

Wanita dan Pendidikan

9 Agustus 2017   12:52 Diperbarui: 9 Agustus 2017   12:54 328 3 0

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya pendidikan seseorang akan dapat mengangkat taraf hidupnya dan membuat masa depan yang lebih baik. Ironisnya di daerah-daerah di Indonesia banyak masyarakat yang tidak sadar akan pentingnya pendidikan, terutama pendidikan bagi wanita. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa wanita tidak perlu berpendidikan tinggi.

Wanita dianggap hanya memerlukan pendidikan sekedar bisa membaca dan menulis karena mereka hanya akan mengurus rumah tangga saja. Kurangnya kesadaran dan pemikiran masyarakat yang seperti itu membuat banyak wanita tidak bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Di dalam islam menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan Rasulullah tidak pernah melarang seorang wanita untuk menuntut ilmu. Di dalam Al-Quran Surat Al-Mujadilah Ayat 11 diterangkan bahwa "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat". Ayat ini menerangkan pentingnya menuntut ilmu bagi setiap muslim. Tugas kita bersama adalah menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan, terutama bagi wanita.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, perempuan ( dalam hal ini ibu ) menurunkan gen kecerdasan lebih banyak karena perempuan mempunyai dua kromosom X. Ayah hanya memiliki satu kromosom X. Kromosom inilah yang menentukan fungsi kognitif seorang anak. Wanita menjadi ummul madrasah pertama bagi anak-anaknya bahkan sebelum anak itu lahir ke dunia. 

Saat ini untuk mendidik anak di tengah zaman teknologi dan globalisasi dibutuhkan ibu yang berpendidikan tinggi dan sholehah. Bukan hanya yang memiliki kecerdasan intelektual yang baik, tetapi juga yang memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang baik. Wanita adalah inspirasi bagi anak-anaknya kelak.

Untuk memperbaiki suatu bangsa kita harus menyiapakan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas. Dengan baiknya seorang wanita, maka akan menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang berkualitas. Maka untuk memperbaiki suatu bangsa yang harus kita lakukan adalah memperbaiki wanita.

Euis Sugiarti

Universitas Indraprasta PGRI