Mohon tunggu...
Eudith Kristiyadi Suhartono
Eudith Kristiyadi Suhartono Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

saya hobi makan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ketidakpedulian Masyarakat tentang Memakai Masker

19 Agustus 2020   09:00 Diperbarui: 19 Agustus 2020   11:17 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di masa pandemi ini, kita diwajibkan pemerintah untuk menggunakan masker.  Hal ini dilakukan seiring dengan imbauan World Health Organization (WHO) untuk memperkecil risiko penyebaran virus covid-19. Untuk mempersempit lagi, pemerintah pun telah menerapkan protokol kesehatan  covid-19 di setiap tempat menjalankan aktivitas normal.

   Akan tetapi, di lingkungan sekitar rumah saya, masih ada saja warga-warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, semudah  memakai pada wajah pun masih ada yang tidak pakai. Masih ada warga-warga yang tidak menggunakan masker. Mulai dari warga komplek sampai penjual sayur. 

Menurut Anies, pemakaian masker bukan hanya meminimalisir penularan Covid-19 terhadap diri sendiri, melainkan juga melindungi orang lain. Padahal , memakai masker adalah protokol kesehatan terpenting dan termudah yang harus dijalankan karena virus covid-19 ditularkan melalui droplet.

   Sampai hari ini, kasus covid-19 di Jakarta sendiri sudah mencapai 30,000 ribu orang, 143,000 ribu orang di Indonesia (18 Agustus 2020). Virus covid-19 bisa menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

   Di sekitar rumah saya, sudah ada 2 kasus terkonfirmasi positif covid-19. Bukan dari komplek saya namun cukup dekat dari rumah saya. Berdasarkan hal tersebut, saya masih tidak mengerti mengapa warga-warga di sekitar lingkungan saya masih tidak memakai masker. Tidak memakai masker tidak ada untungnya bagi diri sendiri dan orang lain. 

Misalnya, ibu saya membeli sayur.Penjual sayur itu tidak memakai masker sedangkan ibu saya memakai masker. Alangkah baiknya jika penjual sayur itu memakai masker, ibu saya akan merasa lebih tenang dan terjaga dari kemungkinan terpapar virus covid-19.

   Dari hasil observasi ini, penyebaran virus covid-19 yang tidak kunjung usai disebabkan oleh ketidakpedulian masyarakat terhadap protokol kesehatan. Hal ini dibuktikan dari jumlah kasus covid-19 yang terus bertambah di Indonesia.

 Saya sangat yakin, jika warga-warga di lingkungkan rumah saya dan seluruh Indonesia mematuhi protokol kesehatan, kasus positif di Indonesia akan berkurang, tenaga medis tidak kewalahan, dan Presiden Jokowi tidak kelelahan. Dengan demikian, Indonesia akan kembali berjalan seperti normal dan masyarakat akan hidup sejahtera.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun