Mohon tunggu...
Etwar Hukunala
Etwar Hukunala Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer Proposal Skripsi Bid. Ilmu Hukum

Manusia biasa yang perlu banyak belajar dan Hobi menulis. Apa yang terbaca dan terlintas dipikiran itu yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Jadi Mitra BPS, Sejuta Pengalaman dari Susah Sampai Senang

18 Januari 2024   12:44 Diperbarui: 19 Januari 2024   06:01 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pendataan sebagai mitra ST2023 di desa wamkana/dok. pribadi 

Setelah menyelesaikan studi S1 pada tahun 2022 lalu, saya memutuskan untuk mencari pengalaman baru dalam dunia data yakni di Badan Pusat Statistik Kabupaten Buru Selatan. Dapat dikatakan ini merupakan pengalaman pertama saya dalam dunia kerja setelah wisuda

Jadi Pada bulan september 2022, BPS Kabupaten Buru Selatan melakukan rekrutmen untuk posisi mitra untuk mengisi atau berpartisipasi dalam kegiatan Registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek), yang informasinya telah disebarkan pada beberapa media sosial milik BPS Buru Selatan.

Saya merupakan salah satu orang yang mendaftar pada saat itu, namun tidak memiliki harapan besar bahwa akan lolos lantaran pada dasarnya memang dari sisi background pendidikannya sangat berbeda.

Setelah selang beberapa waktu melewati tahapan rekrutmen, akhirnya diumumkanlah hasil final untuk mitra yang lolos dan saya merupakan salah satunya diantara beberapa mitra yang lolos pada saat itu.

Berikut beberapa kegiatan pendataan yang saya turut partisipasi di BPS Kabupaten Buru Selatan:

1. Registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek)

selesai pelatihan regsosek 2022/dok.pribadi
selesai pelatihan regsosek 2022/dok.pribadi

Kegiatan regsosek merupakan kegiatan pendataan pertama yang saya ikut di BPS Kabupaten Buru Selatan yang dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan yakni dari 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022. Berawal dari mengikuti pelatihan selama dua hari, kemudian pembagian tim (PPL, PML dan Koseka).

Selama mengikuti pelatihan cukup menyenangkan karena jaminannya sangat mantap mulai dari konsumsi, tempat menginap hingga dana pelatihan atau uang saku yang sangat cukup.

Pada saat diumumkannya tempat tugas pendataan, ternyata saya tugas di desa saya sendiri, hal tersebut karena mengingat saya merupakan mitra baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun