Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas 1.2.a.8 Koneksi Antar Materi Modul 1.2 (Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak)

23 September 2022   23:55 Diperbarui: 23 September 2022   23:58 2598 17 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                

Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak  mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Setelah saya mempelajari modul 1.2, tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Dalam membuat modul materi 1.2,  berikut akan saya paparkan dengan menggunakan 4P.

1.Perisitiwa

Momen yang paling penting dan sangat menantang sehingga mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga 1.2 ini adalah ketika mengerjakan tugas-tugas dengan rentang waktu yang telah ditentukan secara rutin. Tugas tersebut sangat mampu mengeksplorasi cara berpikir Calon Guru Penggerak untuk menggali informasi yang luar biasa begitu banyak. Selain tugas mandiri, ada juga tugas kelompok. Di sana kita diberi waktu yang sangat singkat, hanya sehari, namun kita harus mampu membagikan hasil pemahaman kelompoknya kepada kelompok lain melalui presentasi.

Setelah saya mempelajari modul 1.1, ada tiga buah pemikiran yang sangat brilian dari Ki Hajar Dewantara yang begitu tertanam di benak saya dan tentunya mengubah paradigma saya bahwa Pendidikan adalah sebuah proses menuntun anak sesuai dengan kodrat yang mereka miliki. Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan yang sesuai dengan kontek sosiokultur bangsa kita. Dan poin yang tidak kalah penting adalah bahwa Pendidikan harus menghamba kepada anak. Anak ternyata tidak seperti apa yang digambarkan sebagai kertas kosong (Tabula Rasa), namun sudah ada catatan walau samar, dan tugas kita adalah untuk mempertegas dan membentuk goresan-goresan tersebut sehingga menjadi bermakna.

Dengan dasar pemikiran dari Ki Hajar Dewantara yang sudah saya pahami tersebut, maka saya harus kompeten terkait dengan Nilai-nilai Guru Penggerak agar saya mampu untuk menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai pendidik, ataupun sebagai Guru Penggerak.

Ada 6 poin penting sebagai gambaran keterkaitan antara modul 1.1 dengan 1.2, yaitu:

1. Merdeka Belajar

Seorang Guru Penggerak harus mampu untuk mengembangkan nilai-nilai guru penggerak untuk dapat menciptakan merdeka belajar bagi murid.

2. Profil Pelajar Pancasila

Seorang Guru Penggerak, harus mampu menjadi contoh/ teladan bagi lingkungan sekitar sehingga hal tersebut akan menguatkan kemampuan untuk mewujudkan Merdeka Belajar dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan