Mohon tunggu...
Erni WahyuWijayanti
Erni WahyuWijayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Brawijaya

Mahasiswi Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

5 Mahasiswa FTP UB Membuat Sereal Fortifikasi dengan Kuah rempah Rendah Gula dan Kalori

23 Juli 2021   10:50 Diperbarui: 23 Juli 2021   11:07 237 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia sedang mengalami peningkatan masalah kesehatan yakni Diabetes Mellitus dan Kolesterol yang menduduki posisi ke – 7 di dunia. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu dari 13 provinsi yang mempunyai pravalensi Diabetes Mellitus diatas pravalensi nasional terutama di Malang Raya menempati urutan ke -3 yakni 7.534 penderita. Sedangkan 39,8% masyarakat Indonesia mengalami gangguan kolesterol. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan penyakit Diabetes Mellitus tipe II dan kolesterol yakni melalui pengembangan pangan fungsional dengan fortifikasi bahan yang dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah serta menurunkan kadar kolesterol total.

Salah satu bahan pangan fungsional yang dapat dimanfaatkan yaitu bayam merah dan umbi garut. Indeks glikemik dari umbi garut sangat rendah dibandng umbi lain yakni 14. Bayam merah memiliki kandungan zat aktif yakni saponin yang dapat menurunkan penyerapan kolesterol. Dua bahan pangan tersebut sangat potensial untuk dijadikan olahan sereal yang rendah gula dan kalori.

Dari permasalahan diatas, 5 mahasiswa FTP UB yang terdiri dari Yoga Aditya Wicaksana (FTP 2019), Erni Wahyu Wijayanti (FTP 2018), Husna Atikah (FTP 2018), Rosdy Yanty (FTP 2018), Muhammad Zaki Husyemi R (FTP 2019) membuat CEREO: inovasi sereal fortifikasi bayam merah dan tepung garut dengan tepung garut dengan kuah rempah guna mencegah diabetes mellitus, kolesterol dan peningkat stamina tubuh di bawah bimbingan Ibu Riska Septifani, STP, MP. yang berhasil mendapatkan pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 dalam bidang Kewirausahaan.

Dokpri
Dokpri

CEREO adalah sereal dengan fortifikasi tepung garut dan bayam merah yang dilengkapi dengan kuah rempah herbal yang berasal dari bubuk jahe, serai, dan kayu manis. CEREO dikemas dalam kemasan box 300 gram yang berisi 4 sachet sehingga satu kemasan box dapat digunakan 4 kali penyajian. Produk CEREO dipatok harga Rp. 27.000,-box. Keunggulan produk CEREO yakni menggunakan bahan baku yang bergizi tinggi, rendah gula dan kalori, aman dikonsumsi dan mampu mencegah diabetes mellitus dan kolesterol.

Dalam Formulasinya, CEREO menggunakan bahan baku 100 persen alami dari tepung garut dan bayam merah yang mengandung serat, rendah gula, antioksidan yang tinggi, protein serta bahan penunjang lain seperti telur, gula semut untuk memastikan keamanan produk tanpa efek samping saat dikonsumsi. Ketahanan umur simpan produk kurang lebih 4 bulan.

CEREO memiliki aplikasi penunjang yang terhubung pada kemasan dan dapat di scan melalui QR code. CEREO Apps ini digunakan untuk media edukasi dan konsultasi terkait dengan penyakit Diabetes Mellitus dan kolesterol serta informasi kesehatan lainnya. Aplikasi ini didapatkan jika konsumen telah membeli produk CEREO dan mendapatkan akses untuk login ke aplikasinya.

Target pasar CEREO adalah Malang Raya dengan harapan dapat berkembang ke seluruh Indonesia dengan media promosi online (Shopee, Tokopedia, Instagram, dan TikTok) dan offline (minimarket, dan toko). Diharapkan produk CEREO menjadi produk yang disukai masyarakat dan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Untuk informasi dan edukasi mengenai produk CEREO dapat dilihat pada sosial media @cereo.official.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x