Mohon tunggu...
M. ERIK IBRAHIM
M. ERIK IBRAHIM Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Pendidikan Agama Islam - Universitas Islam Sultan Agung

Berbagi tulisan dari pengalaman pribadi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengejar Cinta Chairil Anwar

1 Agustus 2022   10:47 Diperbarui: 2 Agustus 2022   21:22 161 27 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar oleh Sekolah Timur. com. Sebuah gambar dengan wajah Chairil Anwar

" Atta halilintar, Ria Ricis, Nessi Judge dan Nadia Omara saja kamu ngerti, masa, Bapak Chairil Anwar kamu nggak ngerti sih! . Ah kamu taunya youtuber aja sih, xixixi... " . 

-begitulah gurau teman saya dengan lirikan mata tajam menohoknya sembari cemberut dan mengerutkan dahinya .-

Yah, memang, sebagian aktivitas penulis, di abadikan dengan menggenggam telepon pintar / smartphone . 5 , 10, 20, 30  hingga satu jam saja masih kurang untuk mengamati hal hal yang disukai dan diminati hatiMengesampingkan tambahan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Contohnya saja mengetahui sekilas atau lebih dalam saja, ada niat hati untuk enggan mengetahui siapa sosok Bapak Chairil Anwar itu, hingga di tersemat topik pilihan di kompasiana bertajuk " 100 Tahun Chairil Anwar ". Al hasil makin menjadi jadi saja rasa ingin tahu lebih dalam bagi penulis, siapa sosok Chairil Anwar tersebut ?

Orang Tua Chairil Anwar

Chairil Anwar terlahir dari pasangan bernama Toeloes bin Haji Manan ( Ayah ) dan Saleha / Mak leha ( Ibu ). Sang ayahanda dahulunya bekerja sebagai ambtenar dan mengabdi menjadi Bupati Rengat tepatnya pada masa Republik pada tahun 1949.

Namun pada saat itu Mak leha adalah single parents yang memiliki satu anak. Saat pindah dari kota asalnya menuju Jakarta, ayah Chairil Anwar kemudian menjalin ikatan suci kembali seorang wanita bernama Ramadhana atau dijuluki Mak Dona yang single parents juga.

Dari pernikahan yang kedua inilah dikaruniai  4 orang putri cantik yang bernama Nini Toeriza , Toehilwa, Toehilwi dan Toechairiyah. gambaran umum yang diberikan Nini Toeriza, salah satu anak dari pernikahan kedua ini menyatakan bahwa ayahnya memiliki karakter dan kebribadian yang keras kepada anak anaknya terutama saja dalam mendidik.

Chairil Anwar dahulunya saja sempat diberi ultimatum atau peringatan dari ayahnya apabila ia tidak bersekolah, beliau atau sang ayah tidak akan pernah mengirimkan uang untuk kehidupannya lagi. bisa dibayangkan, betapa kerasnya ? dan penulis merasa, ini pasti tidak gertak sambal ( menakut nakuti saja tetapi tidak terjadi )

 

Mengenal Sosok Chairil Anwar

Beliau bernama asli Chairil Anwar yang dikenal masyarakat indonesia sebagai Penyair Terkemuka di Indonesia. Tapi mengapa bagi saya itu masih sangat asing ?. ....

" Tak kenal maka tak sayang ". 

Baiklah , setidaknya kalimat dari peribahasa ini membuat hati penulis tergerak untuk mengenalnya lebih jauh.

Chairil Anwar adalah sosok penyair yang lahir pada tanggal 22 Juli 1922, tepatnya di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Semasa hidupnya, Chairil Anwar diketahui pernah menempuh pendidikan pertamanya di bangku sekolah dasar ( SD ) , yaitu bernama   Neutrale Hollands Inlandsche School  ( HIS ) yang terdapat pada masa zaman belanda dahulu yang bertempat juga didaerah Medan, Sumatera Utara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan