Mohon tunggu...
M. ERIK IBRAHIM
M. ERIK IBRAHIM Mohon Tunggu... Freelancer - 🐇🦢🌱Berakit Rakit Ke hulu, Berenang renang ketepian, aku bersungguh sungguh untuk kamu, TAPI, kamu malah demikian🌴🌿
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

🐇🦢 Terbentur----TeRBENTUR----TerbENTUR----TERBENTUK🐇🦢

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Pilih Adiraku atau Pinjam Tetangga ya, Tapi Nanti...

5 Maret 2022   21:59 Diperbarui: 5 Maret 2022   22:03 591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Adiraku, Satu Aplikasi Beragam Solusi (Sumber: www.omgoegel.com)

 

Salam Kompasianer, Hayo ngaku,Siapa nih disini yang suka enggan kalau disuruh pinjam uang sama tetangga? Ya akulah orangnya. Tanya lagi, Siapa nih disini suka canggung kalau disuruh pinjam uang ke kerabat ? Ya aku juga orang nya. Maklum, aku anaknya pemalu dan suka jarang bertemu orang, lebih nyaman dirumah aja. Hehe..... 

Terkadang aku suka risih dan nggak enak kalau pinjam uang ditetangga / kerabat, takut ngrepotin. 

Aku mau tanya lagi nih, siapa disini yang pernah nonton film tentang kisah orang dengan susahnya meminjam uang disaudara ,teman, keluarga atau kerabat yang lain, pasti ada rasa canggung dan enggak enak sama saudara sendiri ? Saya pernah. 

Alasannya cukup simpel sih yaitu takut merepotkan, menyusahkan dan lain lain, Jikalau ada yang pernah nonton, tos dulu, kita satu server dan apabila ternyata pernah terjadi dikehidupan nyata kalian, Tos lagi, Kita sefrekuensi. 

Aku mau tanya lagi nih, Ada yang pernah menonton film atau serial drama tentang bagaimana orang tersebut dengan gigihnya mencari pinjaman uang, meskipun ditolak berkali kali dan happy endingnya ia justru diberi uang tersebut tanpa meminta ? saya pernah,dan sangat terharu melihatnya, dan mungkin itu akibat dari kegigihannya dalam berusaha. 

Namun sahabat kompasianer, ada satu lagi nih film yang pernah saya lihat dan singkat cerita, film tersebut membuat saya tidak memaksakan kehendak untuk meminjam uang, nanti akibatnya bisa fatal bahkan kematian pun dapat terjadi.

Judul Filmnya adalah film " Don't Breathe " yang disana ada orang yang memaksakan mengambil uang yang bukan miliknya dirumah orang lain, dan akibatnya, nyawanya tidak terselamatkan lagi karena memaksakan kehendaknya untuk mengambil uang tersebut, seperti dalam Film Don't Breathe yang menggambarkan kisah tersebut, jadi alangkah lebih baiknya kita meminjam uang dengan cara yang jujur.

Dan pada film tersebut, saya jadi tergerak untuk lebih hati hati kalau berhubungan dengan uang. Lebih baik saya meminjam dengan cara yang jujur saja dan tidak memaksakan kehendak saat meminjam uang. Akan tetapi, ketika saya benar benar membutuhkan uang, saya tidak perlu khawatir lagi karena saya hidup di zaman serba canggih teknologinya, saya begitu mudah menemukan aplikasi pinjaman online, tapi tentunya harus tetap selektif dan cerdas dalam memilah milah aplikasi yang kita butuhkan untuk meminjam uang secara online. 

Dari film tersebut, saya jadi terinspirasi untuk meminjam uang dengan hati hati dan bijak karena pasalnya banyak kasus yang melibatkan pinjam meminjam uang yang akhirnya ia kesulitan untuk membayarnya. Sahabat kompasianer, adapun saya dalam mengantisispasi hal tersebut, saya selalu waspada dengan mencari informasi tentang aplikasi peminjaman online yang terpercaya dan terkumpulah berbagai pertanyaan ( Q&A ) mengenai pinjaman online yang saya dapat sebagai berikut :

  • Bagaimana sih cara menganalisa aplikasi pinjaman online agar aman saat digunakan ?

Ketika kita menggunakan aplikasi pinjaman online, kita harus memperhatikan beberapa hal penting sebagai berikut, Pertama, pastikan aplikasi tersebut telah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Kedua, pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar resmi di lembaga yang mengurus seputar keuangan tersebut. Ketiga, pastikan meminjam uang yang sesuai dengan kebutuhan kita, jangan kalap dalam meminjam uang dan jangan sampai uang itu nanti berbalik menyusahkan kita karena tidak mampu mengembalikannya.

  • Apakah ada tips dan kriteria tertentu yang bisa dilakukan sebelum menggunakan aplikasi online ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun