Mohon tunggu...
Erfransdo
Erfransdo Mohon Tunggu... Lainnya - Journalist, Traveler

Penggiat aksara dan penggemar tualang | Chelsea fans

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Inilah 5 Cara Mengatasi Rasa Insecure yang Berlebihan

12 Maret 2022   05:36 Diperbarui: 14 Maret 2022   19:47 822
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi media sosial membuat stres(Highwaystarz-Photography via kompas.com)

"Duh, kok dia udah update prestasi baru lagi sih, sementara saya masih gini-gini aja!" gumam saya saat membuka story Instagram teman.

Rasa insecure nampaknya sudah menjadi masalah bagi kebanyakan orang, termasuk saya. Singkatnya, insecure merupakan keadaan di mana kita merasa nggak percaya diri, takut, gelisah, malu, dan nggak aman yang disebabkan oleh penilaian rendah terhadap diri sendiri. 

Sering kali kita merasa nggak berharga ketika melihat pencapaian orang lain yang lebih baik dari kita.

Perasaan nggak percaya diri atau insecure sebenarnya wajar-wajar saja kalau bisa dikendalikan dengan baik dan tetap berpikir posisitf. 

Namun, rasa insecure akan menjadi tidak baik bagi mental seseorang jika dirasakan secara berlebihan sehingga kepercayaan pada diri sendiri menjadi kurang. Hal tersebut tentunya akan berakibat pada mentalitas yang semakin buruk.

Sebagai manusia biasa, saya pun beberapa kali mengalami rasa insecure terlebih ketika melihat pencapaian orang lain yang lebih dari saya. 

Namun lama kelamaan saya menyadari bahwa larut dalam insecurity membuat saya menjadi tidak dapat berkembang karena terus meratapi keberhasilan orang lain tanpa bertindak positif. 

Sejak saat itu saya mulai mengurangi rasa insecure dengan hal-hal positif yang bisa membantu saya untuk percaya pada diri sendiri.

Bagi kalian yang masih merasa insecure, entah terhadap pencapaian orang lain atau pada keadaan tertentu, sebaiknya mulai buang perasaan yang kurang baik tersebut.

Saya mempunyai beberapa tips dan cara untuk mengatasi rasa insecure yang semoga dapat membantu kegelisahan kalian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun