Mohon tunggu...
Enjang Kusnadi
Enjang Kusnadi Mohon Tunggu... Dosen - Belajar dan Mengajar

Teman Sejati Selalu Menemani

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hasil Akhir Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo: Brazil Raih Medali Emas

7 Agustus 2021   22:27 Diperbarui: 7 Agustus 2021   22:33 173 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hasil Akhir Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo: Brazil Raih Medali Emas
Pemain Brazil rayakan gol kemenangan atas Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: olympics.com)

Pertandingan final sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 digelar di Stadion Internasional Yokohama, Jepang, pada Sabtu (7/8/2021). Pertandingan puncak cabang olahraga paling populer di dunia itu mempertemukan Juara bertahan Brazil yang ditantang oleh Tim Matador Spanyol.

Kedua tim terlihat memiliki kekuatan yang hampir sama, hingga pertandingan harus diselesaikan melalui perpanjangan waktu. Hingga waktu normal, pertandingan berakhir dengan skor seri, 1-1.

Gol penentu dicetak oleh Malcom pada menit ke-109 dan mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 2-1. Gol-gol sebelumnya dicetak oleh Mikel Oyarzabal dari Spanyol dan bintang Brasil Matheus Cunha.

Awalnya pertandingan berjalan lambat, tampaknya kedua tim masih saling mengukur. Serangan dari kedua tim sepak bola putra terbaik di Olimpiade Tokyo 2020 ini belum menemui pola terbaiknya.

Namun baru pada menit ke-38 peluang besar pertama dari pertandingan itu mulai terwujud. Wasit pertandingan menunjuk titik penalti setelah wasit VAR memberi hukuman atas pelanggaran kiper Spanyol yang berlari keluar dari garisnya dan mencoba merebut bola, tetapi malah menangkap Cunha.

Hadiah penalti untuk Brazil itu membuat orang-orang Spanyol harus menahan nafas, namun akhirnya kiper Spanyol bisa bernafas lega ketika tendangan Richarlison melambung di atas mistar gawang. Gol yang ditunggu rakyat Brazil pun terbang melayang.

Kesedihan Brasil tidak berlangsung lama karena juara bertahan sepak bola Olimpiade Rio 2016 itu berhasil mencetak gol melalui serangan yang dibangun melalui Kapten Brasil berusia 38 tahun Dani Alves.

Alves menyelinap masuk dan memberikan umpan silang mendatar yang diteruskan Cunha dengan tembakan rendah ke gawang Spanyol. Gol pun tercipta, 1-0 untuk Brazil, hingga babap pertama selesai.

Spanyol berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua berkat gol Mikel Oyarzabal yang menyambut  umpan silang Carlos Soler dari kanan dengan tendangan voli kaki kiri melewati Santos. Gol indah penyerang Spanyol itu mungkin akan dicatat sebagai gol terbaik final sepak bola Olimpiade.

Bukan tanpa perlawanan, justru menjelang akhir babak kedua, para penyerang Spanyol membuat  bek Brazil kocar-kacir. Tercatat dua tendangan pemain Spanyol sempat melewati penjaga gawang Brazil, namun hanya membentur tiang gawang saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan