Mohon tunggu...
Kavya
Kavya Mohon Tunggu... Penulis - Menulis

Suka sepakbola, puisi dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Mengubah Ketidakmungkinan Menjadi Mungkin dalam Sepak Bola

9 Maret 2024   12:39 Diperbarui: 9 Maret 2024   18:09 637
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tendangan Andriy Shevchenko dimentahkan Jerzy Dudek di final Liga Champion 2005 (Foto: Getty Images via metro.co.uk)

"Saya akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk memenangkan pertandingan, apakah itu duduk di bangku sambil melambaikan handuk, memberikan secangkir air ke rekan satu tim, atau memukul tembakan pertandingan kemenangan".

- Kobe Bryant -

Pertandingan perdana Real Madrid pada 15 Juni 2020, usai kompetisi dilanjutkan akibat pandemi virus Covid-19, bagi Zinedine Zidane, sang pelatih, sangatlah penting. Madrid masih harus menyelesaikan 11 laga sisa LaLiga Spanyol.

Zidane meminta pemain Real Madrid mencurahkan kemampuan terbaiknya untuk menyelesaikan 11 laga sisa LaLiga Spanyol .

Semua pertandingan menurut Zidane adalah partai final, termasuk ketika menjamu Eibar, 15 Juni 2020.

"11 pertandingan ini seperti final bagi para pemain. Pasukan tahu bagaimana rasanya bermain di final dan itu memberi saya kepercayaan diri. Kami sangat siap dan sekarang kami harus memberikan segalanya di setiap pertandingan yang tersisa. Saya memiliki keyakinan pada para pemain dan kami harus membuktikan diri," kata Zidane kepada Marca, 14 Juni 2020.

Zidane menjadi pelatih Madrid selama dua periode yakni pada tahun 2016-2018 dan 2019-2021. Legenda Prancis itu sudah mengarungi 301 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Los Blancos dengan hasil 190 kemenangan, 48 kali seri, dan 63 kali kalah.

Jargon "pertandingan seperti final" sering diucapkan oleh pelatih dan pemain. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya laga demi laga yang harus dilalui. Para pemain dituntut menunjukkan keseriusan lebih demi kemenangan tim, untuk mengamankan posisi di klasemen sementara kompetisi.

Makna kemenangan itu begitu menggetarkan, yang bisa membuat pemain habis-habisan mengerahkan kemampuannya untuk membawa timnya meraih tiga poin. Apalagi jika tim-nya dalam kondisi terpuruk. Di dalam sepak bola itu diartikan akan turun kasta, seperti dalam kompetisi Liga 1 yang menganut promosi-degradasi.

Jaminan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun