Mohon tunggu...
Enjang Kusnadi
Enjang Kusnadi Mohon Tunggu... Dosen - Belajar dan Mengajar

Teman Sejati Selalu Menemani

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Jelang Akhir Olimpiade, Perolehan Medali Indonesia Disalip Negara Tetangga

7 Agustus 2021   19:34 Diperbarui: 7 Agustus 2021   19:44 1294 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Derap kaki atlet jalan cepat Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: olympics.com)

Olimpiade Tokyo 2020 yang resmi dibuka pada 23 Juli 2021 akan berakhir pada Minggu, 8 Agustus 2021. Sejumlah negara telah berhasil mendulang medali, dari puluhan hingga ada yang lebih dari seratus keping.

Namun tidak sedikit negara yang hanya mampu meraih beberapa medali saja, bahkan ada juga negara yang gagal membawa pulang medali Olimpiade Tokyo 2020 ke negaranya.

Indonesia sejak 2 Agustus 2021 sudah mengoleksi 5 medali, yang terakhir diraih Anthony Sinisuka Ginting berupa medali perunggu dari nomor tunggal putra bulutangkis. Sebelumnya, kontingen Indonesia berhasil mendulang tiga medali dari cabang olahraga angkat besi.

Secara lengkap perolehan medali Indonesia diraih melalui cabor bulutangkis dari pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu berupa medali emas, dan satu medali perak dipersembahkan oleh lifter senior Eko Yuli Irawan yang bermain di kelas 61kg.

Sementara medali perunggu diraih lifter putri atas nama Windy Cantika Aisah yang turun di kelas 49kg, lifter putra Rahmat Erwin Abdullah yang bertarung di kelas 73kg, dan Anthony Ginting dari bulutangkis.

Jadi, jumlah medali yang berhasil dibawa pulang kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 berjumlah 5 medali yang terdiri dari satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.

Dengan raihan lima medali tersebut pada tanggal 3 Agustus 2021, menempatkan posisi Indonesia di klasmen Olimpiade Tokyo 2020 berada pada peringkat ke 40-an. Posisi tertinggi untuk negara-negara peserta Sea Games (Asia Tenggara).

Selebihnya, sampai dengan tanggal 5 Agustus 2021, peringkat Indonesia di klasmen perolehan medali Olimpiade 2021 masih bertahan di peringkat ke-47, tidak jauh di bawah Indonesia ada Filipina dengan perolehan medali 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Selanjutnya di peringkat 50an ada Thailand dengan perolehan medali 1 emas dan 1 perunggu. Malaysia yang sering juara di Sea Games berada di posisi ke 80-an dengan perolehan 1 medali perunggu.

Negara ASEAN lain tidak tampak di daftar perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020, termasuk Vietnam yang sering mengejutkan di Sea Games, juga Singapura yang menjanjikan bonus besar-besaran bagi atletnya yang berhasil meraih medali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan