Mohon tunggu...
M. Alhasany
M. Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pemerhati politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Yuk, Bikin Rokupang untuk Sarapan

25 Januari 2022   19:08 Diperbarui: 25 Januari 2022   19:12 184 26 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Roti kukus (dok.pri)

Salah satu jenis makanan yang nge-hits beberapa tahun terakhir adalah Rokupang. Tadinya saya tidak tahu apakah Rokupang ini. Saya pikir semacam seafood seperti kerang, ternyata singkatan dari roti kukus panggang.

Karena penasaran seperti apa Rokupang itu, maka saya pun mencari pedagang yang menjual makanan ini. Kebetulan di dekat rumah keponakan ada satu orang menjajakan Rokupang. Lantas saya memperhatikan cara membuatnya.

Wah, tidak tahunya sangat mudah. Bahan utamanya adalah roti. Kok banyak yang membeli? Mungkin karena mereka sedang malas membuat sendiri. Toh, lebih praktis membeli, apalagi pesan melalui online. Hitung-hitung berbagi rezeki kepada mereka yang bergelut sebagai UMKM. Bukankah ini simbiosis mutualisme?

Berhubung saya seorang penggemar roti, saya pikir lebih baik  membuat Rokupang sendiri. Tidak memerlukan peralatan masak yang ribet kok. Seperti biasa, hanya butuh kukusan dan teflon.

Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat:

1. Roti Bun (tanpa isi/kosong) atau bisa juga menggunakan roti tawar yang biasa dijual pedagang keliling.

2. Mentega. Ini terserah mereknya, tidak perlu yang terkenal. Saya pakai yang murah saja.

3. Meses coklat/ keju/selai. Tergantung selera ya. Kalau saya suka keju, maka saya sediakan keju diparut.

4. Susu kental manis. Ini juga bebas mau pakai merek apapun. Malah saya pakai yang sachet. Tinggal beli di warung sebelah.

Cara membuat:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan