Mohon tunggu...
Ely Isnaeni Nur Hidayah
Ely Isnaeni Nur Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ely Isnaeni Nur Hidayah. Perempuan kelahiran Kebumen, Jawa Tengah. Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan di IAIN Salatiga di Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Stres Saat Belajar? Jaga Stabilitas Diri dengan Cara Ini!

1 November 2021   06:49 Diperbarui: 1 November 2021   06:56 116 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belajar sering menjadi kegiatan yang membosankan menurut sebagian orang. Saya sendiri temasuk salah satu dari mereka yang menganggap bahwa belajar itu membosankan, meskipun saya tidak sepenuhnya beranggapan begitu. 

Dalam belajar, kita sering dipertemukan dengan hal-hal rumit yang sulit kita dipahami dengan materi yang dipelajari, atau bisa juga karena kita jenuh dengan kegiatan belajar itu sendiri. Hal itu bisa saja menimbulkan semakin turunnya minat belajar pada diri kita jika tak disikapi dengan benar. 

Oleh karena itu, perlu bagi kita menemukan cara belajar yang tepat untuk tetap membuat otak kita waras dan menjadikan ilmu yang kita pelajari bermanfaat. Untuk mendapatkan kewarasan ditengah banyaknya tugas dan minimnya pemahaman saat pembelajaran daring, tentu saja kita perlu cara supaya minat belajar tetap stabil di tengah pandemi.  

Selama pembelajaran daring, pasti kita sering dihadapkan dengan rasa bosan memandang layar laptop atau pun HP, belum lagi materi pelajaran yang sulit dan membingungkan, atau sinyal yang kurang mendukung sehingga membuat diri menyerah. 

Saya yakin, pasti kita semua pernah mengalami salah satu dari tiga tersebut. Terlihat sepele, namun imbasnya bisa sampai pada hasil belajar dan bisa membuat diri stress jika tak ditanggulangi. Pikiran stres yang kemudian akan berimbas pada ketahanan tubuh dan membuat semangat belajar luntur. Baiklah, akan saya bahas bagaimana cara menjaga stabilitas diri dalam belajar daring supaya tetap stabil di masa pandemi.

Pertama, persiapkan perlengkapan untuk belajar daring sebelum kelas dimulai. Langkah ini akan sangat membantu kita selama pembelajaran untuk meminimalkan mood anjlok karena perangkat belajar yang eror, seperti contoh daya baterai laptop yang tiba-tiba habis ketika kita sedang melakukan zoom meeting. Hal tersebut bisa saja memacu kepanikan yang kemudian mampu menimbulkan stres dikala kelas sedang berlangsung. 

Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita untuk menyiapkan semua perangkat yang dibutuhkan untuk pembelajaran untuk melancarkan pembelajaran daring. Dengan perangkat belajar yang baik, maka akan membantu kita belajar dengan nyaman dan tenang.

Kedua, cari tempat yang nyaman. Jadi, selain perangkat belajar kita juga perlu tempat yang nyaman. Tempat nyaman untuk belajar daring tak sekadar tempat yang bersih, teduh, dan tenang, tetapi juga tempat yang ramah sinyal. 

Bagaimana mungkin kita bisa tenang melaksanakan pembelajaran daring kalau sinyal saja tak ada, bisa-bisa nanti kita menjadi stress karena sinyal tak terjangkau. 

Pengalaman saya contohnya, ketika masih awal kuliah daring, saya kesusahan mendapatkan sinyal, hingga saya memutuskan untuk berpindah ke tempat yang lebih ramah sinyal. 

Dengan itu, pikiran saya bisa menjadi lebih ringan karena tidak diberatkan dengan sinyal yang buruk. Saya menjadi lebih berkonsentrasi dalam belajar dan menyimak penjelasan dari dosen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan