Mohon tunggu...
Elviza Diana
Elviza Diana Mohon Tunggu... Penjelajah kata

Ibu,penulis,jurnalis,dan penjelajah

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Lima Langkah Siapkan Sahur Sehat

28 April 2020   09:31 Diperbarui: 28 April 2020   09:51 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Langkah Siapkan Sahur Sehat
Sayur,merupakan pilihan menu sehat buat sahur/ dok. Elviza Diana

Ramadhan 1441 Hijriah kali ini,sedikit senyap dan terasa berbeda. Tak ada tabuhan bedugh dan arakan rabana keliling kampung untuk merayakannya. Kita diuji dengan melakukan ibadah dalam diam. 

Dalam keheningan, tanpa ritual, tanpa perayaan, tanpa keramaian. Sahur pertama di tengah pandemik ini juga terasa berbeda, tak ada terdengar suara mikropon dari mesjid kompleks membangunkan. Semua senyap,hanya ada kentongan tukang jaga malam yang membantu merawat memori tentang sahur-sahur di Ramadhan yang lalu. 

Sahur penting untuk menentukan daya tahan tubuh selama berpuasa. Pemilihan menu sahur harus berkualitas tidak perlu banyak. Bagi para ibu dengan balita yang baru membiasakan diri untuk turut berpuasa ada lima langkah yang harus diperhatikan dalam menyiapkan sahur,diantaranya:

1. Selalu siapkan bahan masakan yang sudah siap tumis,bening atau goreng.

Agar praktis, ibu bisa menyiapkan beberapa sayuran yang sudah diiris dan bersihkan. Untuk mengantisipasi bangun telat, atau harus menghadapi drama pagi bangun sahur sang buah hati. Ibu dituntut menyiapkan sahur dengan cepat,cermat dan cerdas. 

Beberapa sayuran seperti wortel,buncis,kol, bayam dan sawi bisa dibersihkan dan diiris sebelum tidur ataupun di sore hari. Semua sayuran ini bisa disimpan dalam kantong atau kotak yang kedap udara, agar sayur tetap segar saat dimasak. 

Begitupun dengan daging,ayam,atau ikan.Bisa direbus juga terlebih dahulu dan diberi bumbu. Ini untuk memudahkan ibu mengolah bahan-bahan tersebut menjadi berbagai varian makanan. Vitamin dan protein menjadi dua hal yang perlu diperhatikan wajiba ada dalam menu sahur

kompas.com
kompas.com
2. Buah-buahan

Sediakan selalu buah-buahan lokal yang mengandung banyak vitamin  dan serat seperti apel, pepaya, pisang, mangga, jeruk, dan  kalau mau untuk diet baik juga konsumsi alpukat. Karena mengandung lemak baik dan mampu menstabilkan kadar kelestrol dalam darah. Menghadapi pandemik, konsumsi buah yang kaya vitamin sangat dianjurkan guna meningkatan imunitas tubuh. 

3. Roti dan oatmeal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x