Mohon tunggu...
Elvidayanty Darkasih
Elvidayanty Darkasih Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja lepas

Email : elvi.jambi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Kamu Termasuk Well Prepare atau Aji Mumpung?

2 Juli 2020   12:52 Diperbarui: 5 Juli 2020   21:53 626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peralatan makan dan minum yang selalu dibawa saat keluar rumah. Selain mengurangi sampah lingkungan, juga mengurangi resiko akibat pemakaian alat maka. Dokumentasi pribadi

Jauh sebelum pandemi Covid-19, saya sudah terbiasa membawa hand sanitizer, tisue basah dan tisue kering, peralatan makan dan minum seperti piring, sendok, gelas dan termos untuk air panas. 

Ketika itu, saya bekerja sebagai staf lapangan untuk sebuah radio komunitas di pinggir kawasan hutan Taman nasional.

Untuk kenyamanan kerja dan tempat tinggal selama saya bertugas, saya menyiapkan beberapa peralatan portabel dan bongkar pasang supaya mudah dibawa pulang pergi ke lapangan.

Saya memiliki dua jenis kompor portabel, ada yang menggunakan gas portabel, dan ada yang menggunakan spirtus atau kayu/arang. Jika cadangan gas portabel habis, kompor menggunakan arang/kayu bisa digunakan. 

Kompor portabel, yang satu menggunakan gas portabel, yang satunya menggunakan spirtus/arang/kayu. (Foto : Elvidayanty)
Kompor portabel, yang satu menggunakan gas portabel, yang satunya menggunakan spirtus/arang/kayu. (Foto : Elvidayanty)

Untuk menghemat penggunaan bahan bakar, untuk air layak konsumsi, saya menggunakan penjernih air (water purifier).

Setiap akan berangkat tugas ke lapangan, saya akan mengganti dengan cartridge yang baru. Sehingga, saat ketemu sungai yang jernih, saya cukup menyaring air dengan water purifier portabel tersebut.

Tidak perlu repot memasak air atau membawa berbotol-botol air mineral. Selain mengurangi beban bawaan, juga lebih hemat dan mengurangi sampah lingkungan. 

Dua alat penjernih air (water purifier) portabel. (Foto : Elvidayanty)
Dua alat penjernih air (water purifier) portabel. (Foto : Elvidayanty)

Untuk kenyamanan istirahat, saya juga selalu membawa kasur angin dan bantal angin. Peralatan pendukung seperti galon lipat, ember lipat, tali jemuran yang mudah dibongkar pasang, lampu emergency, juga membuat tugas di lapangan tidak lagi menjadi beban.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun