Mohon tunggu...
Elva ShesiliaRahman
Elva ShesiliaRahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Seorang Mahasiswi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Berbagai Macam Olahan Khas DKI Jakarta yang Ada di Pekan Raya Jakarta (PRJ)

23 Juni 2022   09:02 Diperbarui: 23 Juni 2022   09:24 128 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Pekan Raya Jakarta atau  yang biasa disebut PRJ adalah event tahunan yang menyambut HUT Jakarta disetiap tahunnya. Setelah 2 tahun absen dikarenakan pandemi COVID-19 , kini PRJ hadir kembali turut memeriahkan ulang tahun Jakarta yang ke-495

Tidak hanya ada pertunjukkan-pertunjukkan yang berlangsung disana, adapun kuliner-kuliner asli khas Jakarta seperti, 

Kerak telor yaitu makanan asli daerah Jakarta (betawi), yang  menggunakan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi, yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabe merah, kencur, merica, butiran garam, dan gula.

Laksa makanan khas Betawi yang manjadi salah satu kuliner Indonesia. secara umum laksa Betawi ini mirip dengan laksa Bogor, ada satu yang membedakan diantaranya yaitu laksa Betawi menggunakan udang rebon pada kuah. Dengan isiannya menggunakan mie disertai  kuah rempah yang kental. 

Asinan Betawi campuran dari selad tauge kol dan juga sawi kemudian ditaburi dengan kacang tanah yang sudah digoreng, untuk kuah siramannya berupa bumbu kacang yang sebelumnya dicampur dengan cabai dan cuka lalu, ditambahkan kerupuk mie besar yang berwarna kuning. 

Adapun kue tradisional khas Betawi yaitu putu mayang yang menggunakan bahan dasar tepung beras dan tepung kanji yang dibentuk menyerupai mie, dihidangkan bersama kuahnya menggunakan santan kelapa bersama dengan gula jawa cair. 

Kue rangi adalah makanan khas Betawi yang dibuat dari campuran tepung sagu dan juga kelapa parut yang disajikan denga

tuangan saus gula merah diatasnya. 

Dodol Betawi, ciri khas makanan satu ini bisa dilihat dari tekstur dodol betawi ini lebih kenyal dibandingkan dengan dodol-dodol lainnya. Dodol Betawi dibuat dengan wadah yang lebar dan diaduk dengan pengaduk yang berukuran besar. Proses pembuatan dodol Betawi ini cukup lama yaitu 8 hingga 10 jam. 

dan berbagai macam lainnya yang ikut serta meriahkan jajanan khas Jakarta. 

Ayo, jangan lupa untuk mampir ke Pekan Raya Jakarta 2022 yang berada di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan