Mohon tunggu...
Elna Lalita
Elna Lalita Mohon Tunggu... Ibu anak satu -

Ibu anak satu. Doyan ngemall, makan, nyanyi, dan menari.

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Jangan Campur Nabeez dengan Susu

8 Mei 2019   16:03 Diperbarui: 8 Mei 2019   16:23 10378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Disclaimer : Tulisan ini dibuat untuk ikut tantangan THR (Tabur Hikmah Ramadhan) Kompasiana. Dikerjakan di dalam bus. Bukan di jam kerja. Perlu banget diklarifikasi karena ternyata atasan saya ikut baca (peace).

Tahun 2014 saya dapat undangan buka puasa dari atasan saya. Di sebuah hotel berbintang lima di Jakarta, hotel Pullman. Hingga sekarang, seingat saya itu makan malam termewah yang pernah saya kunjungi. 

Coba tebak mana saya? | dokpri
Coba tebak mana saya? | dokpri
Satu hal besar itu dibagi menjadi beberapa tema makanan. Ada makanan jepang, tiongkok, barat, indonesia, dan sebagainya. Sangat lengkap. Misalnya, kalau di hotel biasanya cuma ada sashimi sake (salmon), maka di sana banyak sashimi yang lain : Katsuo (skipjack tuna), maguro (bluefin tuna), hotate (tiram), ebi (udang), bahkan tako (gurita) yang alotnya gak karuan. Semua disajikan secara fresh, live chef. Nah, di stall timur tengah, untuk pertama kalinya saya bertemu dengan minuman yang membuat jatuh cinta : Susu kurma.

Susu kurma cintaku... Sumber : Arrahmah.com
Susu kurma cintaku... Sumber : Arrahmah.com
Beberapa tahun kemudian, WA mulai ngetren. Dan jelang ramadhan, bermunculan resep minuman kecintaan saya ini. Sliwer dari grup ke grup. Resepnya berbeda-beda. Tetapi intinya sama: Beberapa kurma direndam air untuk dijadikan nabeez. Bisa diminum langsung, atau ditambah madu/susu. Saya juga ikut mempraktekkan. Malam hari sebelum tidur, saya cemplungkan beberapa biji kurma (dagingnya juga ya, jangan bijinya aja). Waktu sahur, nabeez tadi saya campur susu dan blender.

Beberapa minggu lalu, saya ikut kulwap (kuliah whatsapp) dengan narasumber seorang dokter. Temanya, kiat lancar menyusui saat puasa. Salah satu yang dibahas adalah tentang susu kurma ini. Iya. Yang resepnya santer banget di medsos itu. Tetapi sumbernya nggak jelas dari mana. Menyimak penjelasan dokter tersebut, saya tertegun. Ternyata faktanya sangat mengejutkan...

(JENGG JENGG JEEENGGG)

tagar.id
tagar.id
Kurma

Kurma masuk dalam kategori superfood. Ia kaya akan vitamin dan mineral. Kurma juga merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral esensial yang terdapat pada kurma antara lain kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potasium, magnesium, dan zinc. Dalam sebutir kurma kita juga akan menjumpai aneka vitamin yakni thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K. Weee...luar biasa ya.

Nabeez

Nabeez/nabidz/nabidh alias infused water kurma adalah minuman kesukaan Rasulullah SAW. Kegemaran ini dicatatkan dalam hadits.

Dari Ibnu Abbas Radhiyalahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa, beliaupun menuangnya."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun