Mohon tunggu...
Ellyn
Ellyn Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

an undergraduated student majoring in Communication Science in Atma Jaya Yogyakarta University.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Pentingnya Keterampilan Digital Writing dan Cara Mengembangkannya

7 September 2021   14:59 Diperbarui: 7 September 2021   15:54 253 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Keterampilan Digital Writing dan Cara Mengembangkannya
Source: The Tech Edvocate

Menulis di atas kertas dengan goresan tinta hitam sudah lama beralih menjadi menulis secara digital melalui blogging platform dan media sosial, bersamaan dengan pesatnya kemunculan teknologi yang semakin canggih serta mudahnya terhubung melalui internet. 

Secara sederhana, definisi Digital Writing menurut JodiAnn Stevenson (dalam buku Because digital writing matters: Improving student writing in online  and multimedia environments, 2010) adalah segala bentuk tulisan yang memerlukan akses melalui komputer. Walaupun menurut banyak digital writers menyebutkan bahwa Digital Writing sulit untuk didefinisikan, mengingat teknologi sangat cepat berubah.

Coba sebutkan, menurut kamu, apa saja yang termasuk ke dalam Digital Writing?

Istilah seperti Content Writing, Copywriting, menulis caption di Instagram, dan lain sebagainya yang sering kita temukan, dapat termasuk ke dalam Digital Writing. Menulis menjadi salah satu kemampuan penting untuk dikembangkan, karena hanya manusia yang menulis, dan menulis dilakukan untuk berkomunikasi, menulis juga dilakukan untuk membangun dan memelihara hubungan antarmanusia. Tidak ada perubahan esensi ketika menulis dilakukan secara digital (Digital Writing).

Di era saat ini, memiliki kemampuan menulis banyak membantu seseorang menjadi lebih menonjol daripada yang lain ketika tulisannya dapat disusun dengan jelas, terstruktur, dan pesan dalam tulisan tersebut tersampaikan kepada pembaca. Tidak jarang tulisan yang kita baca di media sosial dapat menyentuh perasaan. Kemampuan menulis juga membutuhkan kerja keras untuk mengembangkannya.

Menulis dengan baik berarti mengambil risiko dengan meluangkan waktu untuk bertukar pikiran dan bereksperimen, kemudian berhadapan dengan kegiatan merevisi dan merevisi (dan merevisi lagi). Ketika kita menulis, kita harus menjadi penulis sekaligus pembaca (DeVoss, Aadahl, dan Hicks, 2010).

Dibantu dengan teknologi yang semakin canggih, ada banyak cara kalau kamu merasa kemampuan Digital Writing itu penting dan ingin mengembangkannya, berikut beberapa cara mengembangkan skill Digital Writing!

Mengikuti kursus Digital Writing online

Saat ini ada banyak tersedia kursus daring untuk pengembangan skills, termasuk Digital Writing. Kalau kamu tertarik dengan teknik Digital Writing seperti SEO Content Writing yaitu menulis melalui website/blog untuk mendapatkan ranking page di mesin pencari, kamu bisa mengakses kursus secara gratis melalui program RevoU Xplore Introduction to SEO, bahkan kursus gratis ini menyediakan Sertifikat yang bisa menambah portfoliomu.

Membaca dari Internet atau nonton YouTube

Tutorial Copywriting di YouTube | Source: Tangkapan Layar Pribadi
Tutorial Copywriting di YouTube | Source: Tangkapan Layar Pribadi

Internet dan YouTube menjadi source andalan untuk mempelajari segala sesuatu secara gratis. Misalnya, kalau kamu tertarik mempelajari teknik Digital Writing seperti Copywriting, ada beberapa sumber video di YouTube yang bisa kamu akses, salah satunya di channel EKRUT Official: Cara Membuat Copywriting Menarik, dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan.

Berlatih menulis melalui Blogging Platform atau Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan