Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Ketika Ujian Berat Itu Datang

27 Maret 2020   05:53 Diperbarui: 27 Maret 2020   05:44 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Shutterstock

Tak ada lagi kata 'kita'. Semua duduk bersimpuh sendiri-sendiri. Di atas hampar sajadah yang beberapa waktu lalu pernah digelar bersama-sama. 

Tidak ada lagi Imam yang berdiri di posisi paling depan. Tidak pula ada makmum yang berjajar rapi membentuk shaf-shaf di belakang.
Semua memilih untuk menyerah. Menanggalkan sementara nilai pahala ibadah berjamaah.

Tuhan memang tengah menguji. Dengan musibah berat tiada terperi. Semacam kiamat kecil. Di mana silaturahmi harus terputus sejenak. Semua raga musti menjaga jarak. Membatasi temu dan ruang gerak.

Mungkin---kelak jika keadaan kembali baik-baik saja. Kelak, jika musibah telah diambil kembali oleh pemiliknya. Kata 'kita' akan terdengar begitu indah di telinga. Genggam tangan akan menjadi ritual paling sakral yang amat istimewa.

Semoga. Ini hanya sekadar teguran. Bukan luap kemarahan. Yakin bahwa Tuhan menyayangi. Dengan cara yang hanya Dia sendiri yang paham dan mengetahui.

***
Malang, 27 Maret 2020
Lilik Fatimah Azzahra

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun