Mohon tunggu...
Eksa YaniIzzulhaq
Eksa YaniIzzulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ngisi Nyawa

Baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN BTV III UNEJ 26: Pengembangan Usaha Truk Air Bersih pada Masa Pandemi

17 September 2021   22:11 Diperbarui: 17 September 2021   22:14 64 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN BTV III UNEJ 26: Pengembangan Usaha Truk Air Bersih pada Masa Pandemi
0001-61448d2201019034b4142cd2.jpg

MASALAH

Di Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, yang mana di desa tersebut terdapat jumlah penduduk sendiri sekitar 16.801 jiwa, dengan jumlah penduduk yang cukup besar dapat menjadi peluang bagi para pengusaha untuk memanfaatkannya menjadi segmen pasar dan konsumen. 

Namun, terdapat beberapa penurunan yang dialami pada tiap-tiap usaha karena pandemi, seperti penurunan jumlah pembeli, penurunan permintaan pasar, serta sulitnya adanya penyekatan jalan saat ini.

UMKM air bersih ini memiliki kegiatan usaha yang cukup produktif dari segi pemasaran nya. Sebelum pandemi melanda penjualan tiap hari mencapai diatas 24.000 liter air bersih. Namun, pada saat pandemi ini kegiatan penjualan cuma 8000 liter atau pun 16.000.

Penurunan penjualan selain karena efek pandemi, juga pemberlakuan ppkm itu sendiri ada depot-depot air yang memilih menutup dan pembeli di luar jember tidak bisa mengirim air dikarenakan penyekatan jalan. Oleh karena itu diperlukan pemasaran digital sebagai sarana promosi yang mudah dan murah tentunya.

Pemasaran yang tepat di masa pandemi dapat membantu meningkatkan penjualan produk, sehingga perekonomian dapat berangsur-angsur membaik.

Dalam kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun 2021 ini, Unej menyungsung tema "Back To Village III" yang dilaksanakan secara individu di desanya masing-masing guna merangkul para pengusaha atau UMKM yang ada di desa sehingga dengan hadirnya KKN Unej dapat memberikan dampak yang positif terutama di tengah masa pandemi seperti ini.

HASIL dan DAMPAK

Berdasarkan metode yang telah dirancang dan dilaksanakan sesuai hasil survei, maka diperoleh hasil kegiatan pelaksanaan yang akan dibahas sebagai berikut.

Edukasi Pentingnya Pembukuan Keuangan

Pembukuan keuangan merupakan suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data atau informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, biaya, hingga jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan