Oleh: Eko WindartoÂ
Buatlah jadwal prioritas: Buat daftar tugas yang harus dilakukan setiap hari. Prioritaskan tugas-tugas yang paling penting dan waktu yang cukup untuk tugas-tugas tersebut. Jangan terlalu banyak terlibat dalam hal-hal yang tidak penting.
Pisahkan waktu kerja dan waktu pribadi: Tentukan waktu kerja dan waktu luang dengan jelas. Jangan biarkan pekerjaan mengganggu hidup pribadi Anda, dan sebaliknya.
Manfaatkan liburan dan cuti: Liburan dan cuti adalah waktu yang penting untuk melepaskan diri dari pekerjaan dan memulihkan energi serta menyegarkan pikiran. Manfaatkan waktu ini dengan baik dan hindari membawa pekerjaan ke dalam liburan atau cuti.
Jaga kesehatan: Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidup. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur yang cukup. Jangan terlalu terlibat dalam pekerjaan sehingga mengabaikan kesehatan Anda.
Jangan terlalu serius: Lakukan aktivitas yang menyenangkan sebagai peluang untuk melepaskan stres dan menghilangkan beban dari pekerjaan.
Atur batasan: Tetapkan batasan untuk pekerjaan. Jangan membiarkan diri Anda terlibat terlalu banyak dalam pekerjaan, terutama jika menimbulkan stres yang berlebihan.
Beri waktu untuk diri sendiri: Beri waktu untuk diri sendiri setiap hari. Lakukan aktivitas yang disukai dan menyenangkan, seperti membaca buku, menonton film, atau sekadar bersantai.
Beberapa Tips khusus untuk Memisahkan Waktu Kerja dan Waktu Pribadi dengan Lebih Baik