Mohon tunggu...
Eko Rohmadiyanto
Eko Rohmadiyanto Mohon Tunggu... Guru - Ingin belajar tentang banyak hal baru dan menarik.

Guru PPKn SMP Negeri 2 Saronggi. Pernah belajar di IKIP Yogyakarta (1991-1996) sekarang UNY. Suka dunia Internet/digital. Blogger di www.ppknsmpn2saronggi.my.id dan www.majalahsmpn2saronggi.online

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI)

21 Maret 2021   17:03 Diperbarui: 21 Maret 2021   17:23 1087
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi sudah begitu lekat penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari sejak jaman dahulu. Teknologi mengalami perkembangan dari yang sederhana sampai dengan yang tercanggih di era milenial ini. Teknologi hadir sejalan dengan peradaban manusia sebagai hasil penggunaan akal budi untuk mempermudah kehidupannya.

Demikian juga dalam dunia pendidikan, teknologi mutlak diperlukan untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran ketika di kelas maupun luar kelas. Teknologi khususnya teknologi informasi yang bisa digunakan dalam dunia pendidikan berkembang sangat pesat, meski penggunaannya di beberapa sekolah masih belum dimanfaatkan secara optimal. Bahkan beberapa sekolah di daerah terpencil atau 3T (Terpencil, Tertinggal, Terjauh) tidak begitu familiar terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran.

Penggunaan teknologi informasi begitu booming dan seakan menjadi sebuah keharusan ketika dengan tanpa permisi pandemi Covid 19 melanda. Dunia pendidikan "dipaksa" melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) baik secara daring maupun luring. Dengan segala permasalahan yg timbul akibat PJJ, penggunaan media berbasis IT dipertimbangkan menjadi alternatif tepat agar interaksi antara guru dan siswa tetap terjadi dan materi yang dipelajari tersampaikan dengan lebih mudah dan menarik.

Keunggulan Media Pembelajaran Berbasis IT

Bagi guru yang terbiasa menggunakan media pembelajaran berbasis IT, mereka menemukan banyak manfaat yang didapat. Manfaat dari penggunaan IT dalam pembelajaran sebagaimana dikutip dari stiaprima.ac.id adalah sebagai berikut :

1. Menambah Informasi
Manfaat pertama pengunaan teknologi adalah sebagai sarana pendukung bagi siswa dan pendidik untuk mencari informasi yang lebih luas, selain menggunakan sumber dari buku dan media cetak.

2. Meningkatkan Kemampuan Belajar.
Hal ini terjadi karena informasi yang ada di Internet lebih update sehingga para siswa bisa dengan mudah mengakses informasi-informasi baru yang diperlukan, di bawah pengawasan guru.

3. Memudahkan Akses Belajar
Proses pembelajaran dapat dipemudah dengan adanya teknologi dalam pendidikan. Misalkan guru dapat memberikan materi atau tugas belajar melalui email sehingga peserta didik bisa segera menyelesaikan dan mengumpukan tugas tersebut.

4. Materi lebih Menarik
Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Hal ini disebabkan, penyampaian informasi melalui teknologi canggih terlihat lebih variatif dan modern.

5. Meningkatkan Minat Belajar
Informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap serta akses yang mudah didapatkan dapat membuat siswa lebih minat dalam melaksanakan pembelajaran.

Memilih media IT yang Tepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun