Assalamualaikum wr.wb.
Salam dan Bahagia,
Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya menuliskan refleksi diri terkait dengan pembelajaran modul 2.2 program pendidikan guru penggerak angkatan 5 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional.
Pembaca yang berbahagia, menuliskan jurnal refleksi dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang calon guru penggerak.
Adapun model yang saya gunakan dalam penulisan jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) menggunakan Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) antara lain :
1. Facts (Peristiwa)
Pengalaman :Â Pada minggu ini kami melakukan kolaborasi dalam menerapkan Pembelajaran Sosial Emosional yang sudah dilakukan
               dan yang akan dilakukan. Kami membuat kegiatan kompetensi kesadaran diri dan Keterampilan Berelasi . Pada setiap
               kompetensi dibuat dalam ruang lingkup secara rutin, terintegrasi dalam pembelajaran, dan protokol.
Hal Baik      : Dalam kegiatan PSE ini membuat murid mengenal emosinya dan berbagi untuk mengelola emosi untuk lebih baik,
               menunjukkan integritas dan kejujuran dapat menghubungkan perasaan, pikiran, dan nilai-nilai.
Hambatan   : Ada beberapa murid masih mempunyai emosi negatif tetapi tidak mau terbuka dan kurang mempedulikan pendapat
               dari temannya.
Solusi        : Melakukan kegiatan stimulasi kepada murid agar dapat mengelola emosi negatif dan memberikan masukan, arahan