Mohon tunggu...
eka fitriani larasati
eka fitriani larasati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mom Blogger Illustrator Bandung

Mom Blogger Illustrator Bandung yang menyukai seni, desain, musik, film, buku dan senang berbagi cerita mengenai topik lifestyle

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tips Kartu ATM BRI Disable

2 Juli 2022   23:40 Diperbarui: 2 Juli 2022   23:41 904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar Unsplash

Saya syok bukan main ketika hendak mengambil uang tunai saya di ATM BRI terdekat tiba - tiba transaksi saya gagal dan keluar peringatan, " Transaksi gagal. Kartu anda berstatus disable. Enable-kan kartu anda via BRI Mobile atau cabang terdekat".

Naas memang, ketika saya sedang membutuhkan uang tunai sementara saya tidak menggunakan BRI Mobile tetapi transaksi gagal. Saya pun panik dan menunggu hari senin tiba untuk mengunjungi cabang BRI terdekat. Ada yang pernah mengalami hal yang serupa dengan saya? pasti panik juga sama dengan saya, tapi jangan. 

Berikut tips kartu ATM BRI Disable yang dapat kita lakukan jika kita tidak menggunakan BRI Mobile.

  1. Segera ambil kartu ATM dari mesin ATM dan simpan di  tempat yang aman, misalnya dompet anda
  2. Segera kunjungi cabang BRI terdekat dengan membawa KTP
  3. Ambil antrian untuk meja CS dan tunggu panggilan
  4. Ketika nomor antrian anda dipanggil, ceritakan keluhan anda terkait kartu ATM BRI Disable yang anda alami lalu serahkan kartu ATM BRI dan KTP
  5. CS akan segera mengurus kartu ATM BRI Disable anda kurang lebih 15 menit

Peringatan kartu ATM BRI Disable. Gambar dari facebook page BRI.
Peringatan kartu ATM BRI Disable. Gambar dari facebook page BRI.

Mudahkan tipsnya? saya memang tidak menggunakan BRI mobile karena ketika membuat kartu saya lupa mendaftarkan rekening saya untuk BRI Mobile. Ketika saya ingin mengurusnya, cabang BRI milik saya letaknya sangat jauh dari pemukiman dimana saya tinggal. Tetapi suatu hari harus tetap saya urus untuk mempermudah transaksi keuangan melalui rekening BRI saya.

Karena penasaran, saya pun bertanya kenapa kartu ATM BRI Disable. Jadi penyebab kartu ATM BRI Disable adalah sebagai berikut :

  1. Salah memasukan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut
  2. Ada transaksi yang mencurigakan
  3. Terdapat transaksi yang terdeteksi melakukan skimming atau penyalahgunaan kartu oleh pihak lain selain nasabah pemilik kartu

Melihat penyebab kartu ATM BRI Disbale diatas, saya tidak melakukan ketiganya. Jadi saya curiga memang ada indikasi skimming yang dilakukan oleh pihak luar terhadap rekening BRI saya. Saya salut dengan pihak BRI yang memiliki kebijakan dan peraturan Disable kartu jika ada indikasi transaksi yang mencurigakan atau skimming. Dengan demikian rekening saya tetap aman dan terjaga.

Jika anda mengalami hal yang sama dengan saya, segera lakukan tips diatas atau anda juga dapat menghubungi call centre di 14017 atau 1500017. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun